Sampe, Eriyanto (2013) Suatu Kajian Teologis tentang Peran Guru PAK sebagai Pelayan Jemaat di Gereja Toraja Jemaat Kalo’ Klasis Parandangan. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
eriyanto_hd.doc Download (129kB) |
|
Text
eriyanto_kp.doc Download (95kB) |
|
Text
eriyanto_bab_1.doc Download (50kB) |
|
Text
eriyanto_bab_2.doc Download (587kB) |
|
Text
eriyanto_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (97kB) | Request a copy |
|
Text
eriyanto_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text
eriyanto_bab_5.doc Download (16kB) |
|
Text
eriyanto_dp.doc Download (23kB) |
|
Text
eriyanto_lp.doc Download (12kB) |
|
Text
eriyanto_cv.doc Download (20kB) |
Abstract
Eryanto Sampe (20082860) Tahun 2013: Suatu Kajian Teologis tentang Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Pelayan Jemaat di Gereja Toraja Jemaat Kalo’ Klasis Parandangan Kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini dirampungkan dengan usaha untuk mengetahui peran anggota jemaat yang berprofesi sebagai guru PAK sebagai pelayan di jemaat Gereja Toraja Jemaat Kalo’. Manfaat penelitian ini secara akademik dapat memberikan pemikiran yang baik bagi pengembangan Pendidikan Agama Kristen di STAKN Toraja; sedangkan manfaat secara praktis yaitu agar setiap guru memahami pentingnya peran seorang guru baik di sekolah maupun di jemaat, menambah pengetahuan penulis sehubungan dengan peran guru PAK dalam mengerjakan pelayanan di Jemaat, dan penelitian ini berfungsi sebagai bahan masukan untuk memprogramkan kegiatan yang dapat meningkatkan spiritualitas jemaat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Jumlah responden yang dijadikan subjek penelitian sebanyak 3 orang dengan profesi sebagai guru PAK di beberapa sekolah dan juga berperan sebagai pelayan di Gereja Toraja Jemaat Kalo’ Klasis Parandangan. Guru PAK sebagai pelayan di Gereja Toraja Jemaat Kalo’ memiliki peranan yang positif bagi peningkatan kualitas pelayanan. Hal ini diindikasikan dengan tergeraknya beberapa jemaat untuk mengaktifkan diri dalam pelayanan, yang mana peran guru PAK tersebut antara lain keterlibatan guru PAK dalam didang penggembalaan jemaat,Guru PAK juga harus memiliki inisiatif untuk mengembangkan pelayanan, Guru PAK pun perlu terlibat dalam penyusunan program pendidikan gereja, selain itu Guru PAK harus memiliki kompetensi untuk mengorganisir pelayanan. Di samping itu guru PAK dapat juga diharapkan mampu memotivasi jemaat terlibat dalam pelayanan dan memberikan konseling (bimbingan) pelayanan bagi jemaat yang membutuhkan serta guru PAK perlu memiliki kemampuan mendemonstrasikan bentuk-bentuk pelayanan.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 04 Jan 2025 19:50 |
Last Modified: | 04 Jan 2025 19:51 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3893 |
Actions (login required)
View Item |