Sondok, Surianti (2018) Analisis Problematika Guru PAK dalam Menerapkan Penilaian Autentik di SMP Kristen Makale Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
Text
surianti_hd.doc Download (160kB) |
|
Text
surianti_kp.doc Download (59kB) |
|
Text
surianti_bab_1.doc Download (105kB) |
|
Text
surianti_bab_2.doc Download (327kB) |
|
Text
surianti_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (107kB) | Request a copy |
|
Text
surianti_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text
surianti_dp.doc Download (27kB) |
|
Text
surianti_lp.doc Download (246kB) |
|
Text
surianti_cv.doc Download (31kB) |
Abstract
Surianti Sondok (1020143764) dengan judul Analisis Problematika Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Menerapkan Penilaian Autentik di Sekolah Menengah Pertama Kristen Makale Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. Dibimbing oleh Syani Bombongan Rante Salu S.Pd.K dan Mery Toban S.Th, M.Pd.K. Pemilihan topik ini dilatarbelakangi oleh penerapan kurikulum 2013 yang telah berlangsung. Tetapi realita di SMP Kristen Makale masih ditemui guru Pendidikan Agama Kristen yang menerapkan proses pembelajaran model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang mana pertemuan antara siswa dalam kelas masih terbatas sehingga untuk melaksanakan penilaian autentik kurang maksimal dilaksanakan. Untuk melaksanakan penilaian autentik seorang guru perlu menerapkan proses belajar mengajar harus menggunakan model pembelajaran kurikulum 2013. Akan tetapi dalam pelaksanaan penilaian autentik ada beberapa hambatan yang dialami oleh guru. Untuk mendapatkan data sehubungan dengan topik diatas, maka penulis melaksanakan penelitian dengan pendekatan kualitatif atau dengan melakukan kajian pustaka, wawancara dan obervasi. Hasil wawancara, observasi dan analisis data menunjukkan bahwa problematika guru Pendidikan Agama Kristen dalam menerapkan penilaian autentik di Sekolah Menengah Pertama Krisisten Makale belum diterapkan secara maksimal. Adapun problematika pelaksanaan penilaian autentik ialah masih terdapat guru yang mengajar tanpa menggunakan RPP. Selain itu dalam menerapkan penilaian tersebut masih ada beberapa problematika yang dialami guru dalam penilaian sikap yakni guru kesulitan dalam mengamati perilaku siswa, hambatan dalam penilaian pengetahuan yakni jika dari setiap indikator yang tidak dituntaskan oleh peserta didik harus diadakan remedial dan hambatan untuk penilaian keterampilan yaitu, alokasi waktu yang terbatas, siswa yang kurang serius dalam berpartisiasi dan rumit.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 10:17 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 09:53 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3885 |
Actions (login required)
View Item |