Peran Wali Kelas sebagai Konselor dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Kristen Kelas VII A dan VII B di SMP Negeri 4 Mengkendek

Viana, Henni (2019) Peran Wali Kelas sebagai Konselor dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Kristen Kelas VII A dan VII B di SMP Negeri 4 Mengkendek. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
henni_skpp.doc

Download (32kB)
[img] Text
henni_hd.doc

Download (133kB)
[img] Text
henni_kp.doc

Download (63kB)
[img] Text
henni_bab_1.doc

Download (116kB)
[img] Text
henni_bab_2.doc

Download (320kB)
[img] Text
henni_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text
henni_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
henni_bab_5.doc

Download (18kB)
[img] Text
henni_dp.doc

Download (27kB)
[img] Text
henni_lp.doc

Download (171kB)
[img] Text
henni_cv.doc

Download (28kB)

Abstract

Henni Viana (2220154033) menyusun skripsi dengan judul Peran Wali Kelas Sebagai Konselor dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Kristen Kelas VII A dan VII B di SMP Negeri 4 Mengkendek. Dalam bimbingan Aussie Femy Tangdilintin, M.Th dan Dr. Maidiantius Tanyid, M.Th. Wali kelas adalah seorang guru yang diberi sebuah tugas untuk mengelolah satu kelas, serta membina, membimbing dan bertanggung jawab atas peserta didik. Tugas dan tanggung jawab seorang wali kelas tidak hanya sebagai guru pengajar namun menjadi wali peserta didik, dengan demikian harus mengenal karakter dari masing-masing peserta didiknya. Karakter adalah sikap hidup yang melekat pada diri seseorang sejak lahir yang akan nampak dari tindakan atau kelakuan. Penulis membahas topik ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sebenarnya tugas dan tanggung jawab seorang wali kelas, yang mana tidak hanya sebagai pengajar namun sebagai pembimbing. Wali kelas di SMP Negeri 4 Mengkendek telah menerapkan pelaksanaan bimbingan konseling bagi peserta didik walaupun tidak semaksimal bimbingan oleh guru bimbingan dan konseling. Melihat berbagai macam masalah yang dihadapi peserta didik, baik masalah pribadi, masalah di lingkungan sekolah bahkan masalah di keluarga dan masyarakatnya. Dalam tulisan ini, penulis menggunakan penelitian dengan pendekatan kualitatif atau dengan cara observasi dan wawancara dengan beberapa informan yaitu kepala sekolah, guru wali kelas, serta peserta didik kelas VII A dan VII B. Akhirnya penulis menyimpulkan bahwa peran wali kelas tidak hanya sebatas guru pengajar namun harus mampu menjadi konselor bagi peserta didiknya. Dengan mengangkat tugas dan tanggung jawab tersebut dibutuhkan ketabahan dan kesabaran serta diangkat sesuai dengan kehendak Tuhan. Kata Kunci: Peran Wali Kelas, Konselor dan Pengembangan Karakter. Henni Viana (2220154033) compose a thesis with the title Homeroom Teacher's Role as Counselor In Depeloping The Character of Christian Student at Class VII A and VII B In State Junior Hight School 4 Mengkendek, Supervisor: Aussie Femy Tangdilintin, M.Th dan Dr. Maidiantius Tanyid, M.Th. Homeroom teacher is a teacher who is given an assignment to manage a class, and fostering, guide,and responsible for students. The duties and responsibilities of the homeroom teacher are not onli as teachers but also as students guardians, thus must recognize the characterof each student. Charater is a life attitude that is inherent in a person from birth which will arise from an action or behavior. The autor discusses this topic aims to find out how the actual duties and responsibilities of a homeroom teachers whose not only the teachers but as a supervisor, Homeroom teacher in State Junior high school 4 mengkendek. has implemented the implementation of counseling guidance for student although not as much as the guidance by the guidance or counseling students. Seeking the various kinds of problem fsced by students, both personal problems, school enviroment problems and even family problem and comunity problem. In this case, the outhor uses research with a qualitative approach or by means of observation and interviews with several informants namely the school principal, teachers, and students at class VII a And VII b, Finally the authors conclude that role of homeroom teacher is not only limited to teaching but must be able to be a counselor for students. With those duties and responsibilities it takes patience and is appointed according to God's will. Keywords : Homeroom teachers role, Counselor and character development.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 30 Dec 2024 14:12
Last Modified: 30 Dec 2024 14:12
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3835

Actions (login required)

View Item View Item