Kreativitas Guru PAk: suatu Analisis Mengenai Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Memilih Metode Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Kristenn Kandora Kelurahann Tengan, Kecamatan Mengkendek

Ponggarang, Seli (2013) Kreativitas Guru PAk: suatu Analisis Mengenai Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Memilih Metode Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Kristenn Kandora Kelurahann Tengan, Kecamatan Mengkendek. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
seli_hd.doc

Download (151kB)
[img] Text
seli_kp.doc

Download (52kB)
[img] Text
seli_bab_1.doc

Download (50kB)
[img] Text
seli_bab_2.doc

Download (285kB)
[img] Text
seli_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text
seli_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text
seli_bab_5.doc

Download (19kB)
[img] Text
seli_dp.doc

Download (26kB)
[img] Text
seli_cv.doc

Download (48kB)

Abstract

SELI PONGARRANG, NIRM: 20072664, menyusun kripsi berjudul: “Suatu Analisis Mengenai Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Memilih Metode Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Kristen Kandora Kelurahan Tengan Kecamatan Mengkendek”. Di bawah bimbingan ibu Mery Toban dan Bapak A. Kabanga’. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kreativitas guru PAK di SMP Kristen Kandora. Mutu pendidikan dewasa ini sangat dikedepankan karena menjadi hal yang penting menuju era global. Karena itu, kegiatan belajar mengajar perlu ditingkatkan dengan memulainya dari guru. Melihat peserta didik sekarang ini telah beranjak mengikuti perubahan zaman sehingga guru harus memiliki kreativitas untuk menarik minat belajar siswa. SMP Kristen Kandora merupakan tempat penulis melaksanakan Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) dan pada prakteknya pesera didik kurang berperan secara aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Sehingga, penulis tertarik dan ingin mengetahui kreativitas guru dalam memilih metode pembelajaran secara khusus bagi guru PAK. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan melalui penelitian kepustakaan (studi kepustakaan) dan penelitian lapangan (studi lapangan) yakni dengan menggunakan metode wawancara dan observasi (pengamatan). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh penulis selama melakukan penelitian melaui wawancara kepada kepala sekolah, guru Pendidikan Agama dan beberapa siswa sebagai wakil dari seluruh peserta didik serta melalui pengamatan maka diketahui bahwa pada prakteknya guru Pendidikan Agama Kristen belum kreatif dalam memilih metode pembelajaran sehingga peserta didik kurang berperan secara aktif bahkan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam kelas saat proses pembelajaran berlangsung dan hal tersebut merupakan tindakan siswa untuk mencari perhatian kepada guru. Hal ini bukanlah hal yang baru terjadi melainkan sering ditemukan saat kegiatan belajar mengajar, tidak dapat dipungkiri karena dari segi psikologis, siswa tergolong dalam masa remaja di mana pada masa ini anak mengalami masa pencarian identitas. Karena dewasa ini, yang dibutuhkan adalah bukan hanya kemampuan guru cecara intelektual melainkan kemampuan guru menciptakan pembelajaran yang aktif dan kreatif dengan melibatkan peserta didik secara langsung. Oleh karena itu, guru PAK SMP Kristen Kandora hendaknya mengembangkan kreativitasnya dalam memilih metode pembelajaran yang digunakan secara tepat sehingga dapat menarik minat belajar peserta didik. Selain menguasai bidang agama, guru PAK diharapkan dapat memahami psikologi perkembangan anak, lingkungan peserta didik serta kebutuhan peserta didik dalam memproses materi ajar untuk merangsang kemampuan berpikir yang kreatif dan kritis.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 26 Dec 2024 18:20
Last Modified: 26 Dec 2024 18:20
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3820

Actions (login required)

View Item View Item