Lusang, Parida Widia (2014) Implikasi Keterampilan Belajar Guru PAK dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar siswa SMA Kristen Rantepao. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
parida_hd.doc Download (148kB) |
|
Text
parida_kp.doc Download (68kB) |
|
Text
parida_bab_1.doc Download (53kB) |
|
Text
parida_bab_2.doc Download (534kB) |
|
Text
parida_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text
parida_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text
parida_bab_5.doc Download (17kB) |
|
Text
parida_dp.doc Download (29kB) |
|
Text
parida_cv.doc Download (55kB) |
Abstract
Panda Widia. L. Menyusun skripsi dengan judul: “Implikasi Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen khusus dalam hal keterampilan mengajar dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa SMA Kristen Rantepao”, yang diajukan kepada Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri ( STAKN ) Toraja. Pemilihan topik ini, dilatar belakangi oleh pengalaman penulis melihat penerapan keterampilan mengajar guru PAK di SMA Kristen Rantepao yang belum terimplikasi secara maksimal sehingga para siswa pun cenderung tidak fokus belajar, khususnya mata pelajaran agama. Sekaitan dengan dengan hal tersebut, penulis saat melaksanakan Pelaksanaan Praktek Lapangan ( PPL ) di lokasi penelitian melalui proses belajar mengajar, melihat bahwa ternyata siswa juga membutuhkan penyajian materi yang menarik khususnya mata pelajaran agama, dan terkesan sebagai mata pelajaran yang “ membosankan ” bagi beberapa siswa. Hal tersebutlah yang mendorong penulis untuk ingin mengetahui implikasi keterampilan mengajar guru PAK dalam meningkatkan keaktifan belajara siswa di SMA Kristen Rantepao. Untuk menadapat data sehubungan dengan topik di atas, maka penulis melaksanakan penelitian dengan pendekatan kualitatif atau dengan cara observasi dan wawancara dengan 10 ( sepuluh ) siswa, yang terdiri dari 2 ( dua ) orang kelas X, 2 ( dua ) orang kelas XI, dan 6 ( enam ) orang kelas XII, yang kemudian disebut sebagai informan untuk memberikan data yang dibutuhkan. Berdasarkan data yang diperoleh, implikasi keterampilan mengajar guru PAK dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di SMA Kristen Rantepao, maka implikasi keterampilan mengajar guru PAK dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa belum secara maksimal mempengaruhi siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran PAK. Dengan demikian sangat diharapkan kepada segenap guru PAK di SMA Kristen Rantepao untuk tetap memperlengkapi diri dengan cara terus-menerus belajar dan aktif untuk mencari informasi sehubungan dengan kebutuhan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 18:16 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 18:16 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3812 |
Actions (login required)
View Item |