Pailan, Margaretha (2009) Hubungan Prinsip Pendampingan Orangtua di Rumah terhadap Prestasi Belajar Anak di SDN 247 Pangrante. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
margaretha_hd.doc Download (137kB) |
|
Text
margaretha_kp.doc Download (60kB) |
|
Text
margaretha_bab_1.doc Download (44kB) |
|
Text
margaretha_bab_2.doc Download (175kB) |
|
Text
margaretha_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (115kB) | Request a copy |
|
Text
margaretha_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text
margaretha_bab_5.doc Download (18kB) |
|
Text
margaretha_dp.doc Download (12kB) |
|
Text
margaretha_cv.doc Download (5kB) |
Abstract
Margaretha Pailan: Hubungan Prinsip Pendampingan Orang Tua di Rumah terhadap Prestasi Belajar Anak di SDN 247 Pangrante. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan prinsip pendampingan orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik di SDN 247 Pangrante. Penelitian ini adalah sebuah penelitian lapangan yang menyajikan data sesuai dengan fakta atau kenyataan yang ada di lapangan penelitian, dengan satuan analisis individual. Populasi adalah keseluruhan orangtua peserta didik peserta Ujian Akhir Nasional tahun pelajaran 2008/2009 di SDN 247 Pangrante yaitu sebanyak 32 Kepala Keluarga (orang tua). Populasi tersebut sekaligus menjadi sampel. Teknik pengumpulan data adalah melalui dokumentasi dan angket, analisis adalah distribusi frekuensi dan analisis pengaruh.Dari hasil penelitian membuktikan bahwa prinsip pendampingan orang tua berhubungan positif dengan prestasi belajar anak di sekolah. Semakin berperan aktif orang tua dalam menerapkan prinsip pendampingan anak di rumah semakin tinggi pula prestasi belajar anak di sekolah. Pendampingan orangtua dan prestasi belajar berhubungan positif. Hipotesis Penelitian yang mengatakan” diduga ada hubungan positif antara prinsip pendampingan orang tua di rumah dengan prestasi belajar di sekolah, anak di rumah menyebabkan turunnya prestasi belajar di sekolah, dinyatakan diterima dengan bukti peserta yang lulus Ujian Akhir Nasional kebanyakan berasal dari keluarga (orang tua) yang berperan aktif dalam menerapkan prinsip pendampingan belajar anak di rumah.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 19:09 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 19:09 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3787 |
Actions (login required)
View Item |