Mangoli, Pancawati Simba' Datu (2017) Etika Relasional Guru dan Murid dalam Proses Belajar Kelas IV di SDN 011 Salulombe, Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
pancawati_hd.doc Download (192kB) |
|
Text
pancawati_kp.doc Download (66kB) |
|
Text
pancawati_bab_1.doc Download (96kB) |
|
Text
pancawati_bab_2.doc Download (500kB) |
|
Text
pancawati_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text
pancawati_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text
pancawati_bab_5.doc Download (25kB) |
|
Text
pancawati_dp.doc Download (34kB) |
|
Text
pancawati_lp.doc Download (91kB) |
|
Text
pancawati_cv.doc Download (20kB) |
Abstract
PANCAWATI SIMBA’DATU MANGOLI (20133672). Dengan judul Skripsi “Etika Relasional Guru dan Murid dalam Proses Belajar Mengajar Kelas IV di SDN 011 Salulombe, Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa”. yang diajukan kepada Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Toraja. Dibimbing oleh Novita Toding, M.Pd dan Semuel Tokam, M.Th. Dalam dunia pendidikan relasi antara guru dan murid tentunya harus didasarkan dengan etika yang benar, baik dalam berkomunikasi maupun bertingkah laku sehingga timbul perasaan yang saling nyaman dalam berhubungan. Etika antara guru dan murid juga akan mempertegas posisi guru maupun posisi murid selain itu etika antara guru dan murid juga merupakan cerminan saling menghargai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Etika Relasional Guru dan Murid dalam Proses Belajar Mengajar Kelas IV di SDN 011 Salulombe, Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu guru-guru dan murid kelas IV. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa relasi antara guru dan murid kelas IV terjalin dengan baik. Etika dalam berelasi perlu diterapkan guru dan murid. Dasar dalam menjalankan etika dimulai dari kejujuran, kepercayaan, keadilan, rasa hormat, dan tanggung jawab. Guru menyadari perannya sebagai seorang pendidik, pengajar, pelatih dan pembimbing. Dalam melaksanakan perannya guru senantiasa menerapkan rasa saling menghormati terhadap anak muridnya. Namun siswa belum sepenuhnya menerapkan rasa saling menghormati terutama pada guru, dan teman-temannya. Hal ini terbukti dari cara berbicara/komunikasi dan bertingkah laku murid. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor lingkungan tempat anak tinggal dan faktor perkembangan usia anak.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 15:10 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 15:10 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3768 |
Actions (login required)
View Item |