Kesulitan Belajar Peserta Didik: suatu Tinjauan Teologis-Psikologis tentang Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas IV-V SDN 97 Bure Tanete dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Suprianto, Suprianto (2011) Kesulitan Belajar Peserta Didik: suatu Tinjauan Teologis-Psikologis tentang Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas IV-V SDN 97 Bure Tanete dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
suprianto_hd.doc

Download (124kB)
[img] Text
suprianto_kp.doc

Download (60kB)
[img] Text
suprianto_bab_1.doc

Download (45kB)
[img] Text
suprianto_bab_2.doc

Download (353kB)
[img] Text
suprianto_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text
suprianto_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
suprianto_bab_5.doc

Download (15kB)
[img] Text
suprianto_dp.doc

Download (17kB)
[img] Text
suprianto_cv.doc

Download (6kB)

Abstract

Suprianto: KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK; “Suatu tinjauan Teologis-Psikologis tentang Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas IV - V SDN 97 Bure Tanete dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama dengan Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebabkan kesulitan belajar peserta didik dengan penerapan KTSP dalam mata pelajaran PAK di kelas IV dan V SDN 97 Bure’ Tanete. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan cara menyajikan data sesuai dengan kenyataan di lapangan dengan satuan analisis individual, deskriptif, yaitu menyajikan data sesuai dengan fakta atau kenyataan yang ada di lapangan penelitian, dengan satuan analisis individual. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik yang beragama Kristen di SDN 97 Bure Tanete Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah sebanyak 144 orang peserta didik, sampel adalah kelas IV dan V sebanyak 30 orang peserta didik. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAK dengan penerapan KTSP adalah faktor isi materi, sarana belajar, faktor intern dan ekstern peserta didik yang saling kait mengait satu sama lain. Hasil penelitian disimpulkan bahwa faktor yang paling kuat pengaruhnya terhadap kesulitan belajar adalah faktor materi karena tidak hanya menyangkut aspek kognitif, tetapi juga menyangkut afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 18 Dec 2024 18:50
Last Modified: 19 Dec 2024 15:03
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3750

Actions (login required)

View Item View Item