Herlis, Herlis (2010) Pengaruh Penerapan Metode Menghafal, Cerita dan Diskusi Kelompok dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen terhadap Peningkatan Sikap Sopan dan Jujur pada Murid Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Nomor 154 Mangkulande. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
herlis_hd.doc Download (110kB) |
|
Text
herlis_kp.doc Download (38kB) |
|
Text
herlis_bab_1.doc Download (94kB) |
|
Text
herlis_bab_2.doc Download (156kB) |
|
Text
herlis_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text
herlis_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (137kB) | Request a copy |
|
Text
herlis_bab_5.doc Download (20kB) |
|
Text
herlis_dp.doc Download (11kB) |
Abstract
Data yang diperoleh kemudian ditabulasi dalam bentuk tabel sederhana yang dapat dianalisa lebih lanjut. Berdasarkan hasil analisa data tersebut, dapat dilihat bahwa Guru dalam melaksanakan Pendidikan Agama Kristen belum konsisten dalam menggunakan metode pengajaran menghafalkan, bercerita dan diskusi kelompok, sementara disisi lain tingkat kecerdasan spiritual anak sudah mulai baik, dalam hal kesopanan, kejujuran, kepatuhan dan keimanan, kualitasnya sudah cukup baik mereka berada di atas rata-rata. Hanya dalam hal kejujuran mereka masih kurang. Dari kedua variable tersebut yaitu metode pengajaran yang digunakan guru dengan tingkat kecerdasan spiritual anak, tidak terlihat hubungan yang jelas. Artinya sekalipun metode yang dipakai oleh guru belum sepenuhnya sesuai dengan yang diharapkan akan tetapi pada sisi lain tingkat kecerdasan spiritual anak sudah mulai bertumbuh baik. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu diduga ada hubungan antara penerapan metode pembelajaran berdasarkan ulangan 6:6-9 dengan peningkatan kualitas kecerdasan spiritual murid SDN Mangkulande, tidak diterima. Ini berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode mengajar berdasarkan Ulangan 6:6-9 dengan peningkatan kecerdasan spiritual anak kelas VI SDN Mangkulande.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 15:28 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 15:28 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3739 |
Actions (login required)
View Item |