Pendidikan Agama Kristen Anak dalam Keluarga: suatu Kajian Teologis tentang Peranan Orangtua dalam Melaksanakan Pendidikan Agama Kristen terhadap Anak Usia 6-12 Tahun di Gereja Mamasa Jemaat Sarungngu’ Keang Desa Keang Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju

Rohani, Sinar (2010) Pendidikan Agama Kristen Anak dalam Keluarga: suatu Kajian Teologis tentang Peranan Orangtua dalam Melaksanakan Pendidikan Agama Kristen terhadap Anak Usia 6-12 Tahun di Gereja Mamasa Jemaat Sarungngu’ Keang Desa Keang Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
sinar_hd.doc

Download (102kB)
[img] Text
sinar_kp.doc

Download (50kB)
[img] Text
sinar_bab_1.doc

Download (107kB)
[img] Text
sinar_bab_2.doc

Download (355kB)
[img] Text
sinar_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
sinar_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
sinar_bab_5.doc

Download (20kB)
[img] Text
sinar_dp.doc

Download (19kB)
[img] Text
sinar_cv.doc

Download (35kB)

Abstract

Pendidikan Agama Kristen merupakan hal yang penting dalam kehidupan umat Kristen. Dikatakan demikian sebab lewat proses Pendidikan Agama Kristen seseorang dikenalkan tentang apa dan bagaimana sebenarnya yang dipercayai dalam iman Kristen serta mengajarkan bagaimana seharusnya kita bertindak sehingga mencerminkan iman kepada Kristus. Pendidikan Agama Kristen dapat dilangsungkan di erbagai tempat, tetapi secara khusus dapat dibedakan atas PAK di keluarga, PAK di sekolah, dan PAK di gereja. Dari segi usia juga dibedakan atas PAK anak, PAK Remaja, PAK Pemuda dan PAK dewasa. Skripsi ini secara khusus membahas tentang PAK anak yang diselenggarakan di rumah. Itu berarti fokusnya yakni pelaksanaan PAK oleh orang tua kepada anak-anaknya. Menyangkut peran orang tua dalam melaksanakan PAK anak usia 6-12 tahun di GTM Jemaat Sarungngu’ Keang, dapat dikatan kurang terlaksana dengan baik. Orang tua belum melaksanakan perannya secara maksimal dalam mengajarkan dan melibatkan anak-anak berdoa, mengajarkan anak tentang ceritera-ceritera Alkitab, menetapkan tata tertib, menghukum anak ketika berbuat salah dan menasehati anak untuk memperbaiki kesalahan. Jika situasi ini terus dipertahankan, maka akan berdampak negatif bagi perkembangan iman anak-anak. Dapat dipastikan bahwa anak-anak kurang bertumbuh dengan baik dalam iman. Dalam artian tidak mengenali dengan baik apa sesungguhnya yang mereka percayai dan bagaimana mereka seharusnya menampakkan imannya dalam kehidupan sehari-hari. Kurang terlaksanakanya PAK yang baik menunjukkan bahw aorang tua di GTM Jemaat Sarungngu’ Keang belum memahami perannya dalam pembentukan iman dan karakter anak-anak. Atas dasar tersebut, maka dibutuhkan keterlibatan berbagai pihak terlebih khusus dalam lingkup gereja untuk menyadarkan orang tua dan membekali mereka pengetahuan mengenai iman Kristen sehingga mereka pun memiliki kesadaran bahwa iman Kristen juga penting bagi anak-anak.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 18 Dec 2024 13:48
Last Modified: 18 Dec 2024 13:48
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3727

Actions (login required)

View Item View Item