Peningkatan Efektifltas Pencapaian Tujuan Belajar PAK Kelas X melalui Model Pembelajaran Quantum Learning

Ratu, Delvi (2016) Peningkatan Efektifltas Pencapaian Tujuan Belajar PAK Kelas X melalui Model Pembelajaran Quantum Learning. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
delvi_hd.doc

Download (241kB)
[img] Text
delvi_kp.doc

Download (59kB)
[img] Text
delvi_bab_1.doc

Download (58kB)
[img] Text
delvi_bab_2.doc

Download (300kB)
[img] Text
delvi_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text
delvi_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
delvi_bab_5.doc

Download (16kB)
[img] Text
delvi_dp.doc

Download (25kB)
[img] Text
delvi_lp.doc

Download (630kB)
[img] Text
delvi_cv.doc

Download (30kB)

Abstract

DELVI RATU (20123391). 2012. Peningkatan Efektivitas Pencapaian Tujuan Belajar PAK Kelas X SMAN 1 Sangalla’Melalui Model Pembelajaran Quantum Leaming. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Kristen (PAK), Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAKN) Toraja. Pembimbing: I Dr. Ismail Banne Ringgi’ dan Pembimbing U. Theo Dedy Palimbunga’, M.Pd. Metode Quantum Leaming sebagai salah satu alternatif dalampembelajaran Agama Kristen, yang membawa peserta didik belajar dalam suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan. Peserta didik akan lebih bebas dalam menemukan berbagai pengalaman baru dalam belajarnya, sehingga diharapkan dapat menumbuhkanberbagai kegiatan belajar peserta didik. Dalam kegiatan belajar peserta didik, guru berperan sebagai penggerak atau pembimbing, sedangkan peserta didik berperan sebagai penerima atau yang dibimbing. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan menggunakan II siklus pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk menguraikan cara meningkatkan efektivitas pencapaian tujuan belajar PAK kelas X SMAN 1 Sangalla’ melalui model pembelajaran Ouantwn Learning. Penelitian ini dilakukan terhadap 28 peserta didik kelas X SMAN 1 Sangalla’ dan 1 Guru Agama Kristen pada semester II tahun ajaran 2016/2016. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dankuantitatif. Data yang diperoleh secara kualitatif adalah data observasi yang dilakukan di kelas, data tentang efektivitas penerapkan Quantum Leaming. Data yang diperoleh secara kuantitatif adalah data tentang hasil belajar peserta didik diambil dengan memberikan tes kepada siswa setiap akhir siklus, data tentang hasil penilaiankegiatan siswa dengan menggunakan lembar penilaian kegiatan siswa untuk setiapkelompok.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode QuantumLearning dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga tujuan belajar tercapai. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru menjadikan pembelajaran Quantum Learning sebagai salah satu alternatif dalam mata pelajaran Agama Kristen untuk mencapai tujuan Belajar Pendidikan Agama Kristen. Model pembelajaran ini sangat bermanfaat khususnya bagi guru dan peserta didik, maka diharapkan bagian ini dilakukan seterusnya dalam pelajaran Agama Kristen dan mata pelajaran lainnnya.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 17 Dec 2024 18:54
Last Modified: 17 Dec 2024 18:54
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3716

Actions (login required)

View Item View Item