Implementasi Pendidikan Moral Melalui Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di TK Bina Kasih Seriti Desa Seriti Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu

Cambulong, Sindi Oktaviani (2019) Implementasi Pendidikan Moral Melalui Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di TK Bina Kasih Seriti Desa Seriti Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
sindi_skpp.doc

Download (57kB)
[img] Text
sindi_hd.doc

Download (142kB)
[img] Text
sindi_kp.doc

Download (64kB)
[img] Text
sindi_bab_1.doc

Download (113kB)
[img] Text
sindi_bab_2.doc

Download (259kB)
[img] Text
sindi_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text
sindi_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text
sindi_bab_5.doc

Download (56kB)
[img] Text
sindi_dp.doc

Download (24kB)
[img] Text
sindi_cv.doc

Download (39kB)

Abstract

Sindi Oktaviani Cambulong, 1020154354, menyusun skripsi ini dengan judul “Implementasi Pendidikan Moral Melalui Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)di TK Bina Kasih Seriti Desa Seriti Kec. Lamasi Timur Kab. Luwu”. Dengan asuhan dosen pembimbing I: bapak Yosef Patandung, M.Pd, pembimbing II: bapak Andarias T. Sitammu, M.Th. Penulis mengangkat judul ini berangkat dari keprihatinan terhadap masalah yang terjadi di lapangan. Dimana yang terjadi ialah ada beberapa dari anak-anak yang masih di bawah umur sudah memiliki perilaku yang kurang baik. Salah satu sikap dasar yang harus dimiliki seorang anak untuk menjadi seorang manusia yang baik dan benar adalah memiliki sikap dan moral yang baik dalam berperilaku sebagai umat Tuhan, maupun sebagai anggota keluarga dan anggota masyarakat. Namun, kenyataan di lapangan tidak seperti yang diharapkan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menguraikan tentang implementasi pendidikan moral melalui kurikulum pendidikan anak usia dini (PAUD). Metode penelitian yang digunakan dalam merampungkan karya tulis ini, yaitu metode jenis kualitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan melakukan wawancara dan observasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru dan orang tua peserta didik di TK Bina Kasih Seriti. Berdasarkan hasil penelitian penulis, guru dan orang tua peserta didik sudah menerapkan pendidikan moral kepada anak. Namun, dalam menerapakan pendidikan moral iyu tidak berjalamn dengan maksimal. Hal ini dikarenakan adanya kendala yang ditemukan dalam menerapkan pendidikan moral. Salah satunya adalah kurangnya pemahaman moral yang didapatkan anak dari rumah, sehingga guru di sekolah sulit untuk menerapkan pendidikan moral kepada anak. Dengan melihat hal tersebut maka peran guru dan orang tua dalam bekerja sama untuk perkembangaai moral anak sangat dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 13 Dec 2024 18:58
Last Modified: 13 Dec 2024 18:58
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3663

Actions (login required)

View Item View Item