Pendekatan Dialogis Partisipatif dan Minat Belajar: suatu Kajian Teologis-Praktis tentang Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dialogis Partisipatif terhadap Minat Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SDN 215 Inpres To’ Ra’da, Makale

Emi, Hermin (2009) Pendekatan Dialogis Partisipatif dan Minat Belajar: suatu Kajian Teologis-Praktis tentang Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dialogis Partisipatif terhadap Minat Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SDN 215 Inpres To’ Ra’da, Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
hermin_hd.doc

Download (87kB)
[img] Text
hermin_kp.doc

Download (60kB)
[img] Text
hermin_bab_1.doc

Download (95kB)
[img] Text
hermin_bab_2.doc

Download (307kB)
[img] Text
hermin_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
hermin_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
hermin_bab_5.doc

Download (21kB)
[img] Text
hermin_dp.doc

Download (26kB)
[img] Text
hermin_cv.doc

Download (5kB)

Abstract

Hcrmin Emi : PENDEKATAN DIALOGIS PARTISIPATIF DAN MINAT BELAJAR. Suatu Kajian Teologis-Praktistentang Pengaruh Pendekatan Pembelajaran DialogisPartisipatif Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Di SDN 215 Inpres To’ Ra’da, Makale Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan dialogis partisipatif dalam pembelajaran PAK terhadap minat belajar peserta didik di SDN 251 Ipres To’Ra’da Makale. Penelitian ini adalah sebuah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif, yaitu menyajikan data sesuai dengan fakta atau kenyataan yang ada di lapangan penelitian, dengan satuan analisis individual. Populasi adalah peserta didik kelas IV sampai dengan kelas VI yang beraga Kristen dengan jumlah 77 orang. Dengan sampel pilihan yaitu kelas IV sebanyak 30 orang. Teknik Pengumpulan data; Dokumentasi dan angket. Teknik analisis adalah distribusi frekuensi dan analisis pengaruh. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan pendekatan dialogis partisipatif dalam kegiatan pembelajaran PAK sangat berpengaruh positif terhadap minat belajar peserta didik dengan bukti 75,00 % siswa berminat belajar sebagai pengaruh dari penerapan pendekatan tersebut. Hasil penelitian disimpulkan bahwa semakin tinggi intensitas penerapan pendekatan dialogis partisipatif dalam semakin berminat pula peserta didik pembelajaran PAK, ke dua varaibel tersebut berkorelasi positif.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 13 Dec 2024 15:04
Last Modified: 13 Dec 2024 15:04
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3658

Actions (login required)

View Item View Item