Sertifikasi Guru: suatu Tinjauan Teologis Praktis tentang Hubungan Guru yang Lulus Sertifikasi dengan Profesionalismenya dalam Mengajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rantepao

Sarungu', Matius (2010) Sertifikasi Guru: suatu Tinjauan Teologis Praktis tentang Hubungan Guru yang Lulus Sertifikasi dengan Profesionalismenya dalam Mengajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rantepao. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
matius_hd.doc

Download (132kB)
[img] Text
matius_kp.doc

Download (73kB)
[img] Text
matius_bab_1.doc

Download (73kB)
[img] Text
matius_bab_2.doc

Download (258kB)
[img] Text
matius_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
matius_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text
matius_bab_5.doc

Download (25kB)
[img] Text
matius_dp.doc

Download (19kB)
[img] Text
matius_lp.doc

Download (300kB)
[img] Text
matius_cv.doc

Download (14kB)

Abstract

Matius Sarungu’, Judul: “Sertifikasi Guru”, suatu tinjauan Teologis Praktis tentang Hubungan Guru yang Lulus Sertifikasi dengan Profesionalismenya dalam mengajar di SMA Negeri 2 Rantepao. Sebagai tenaga pendidik, guru memiliki tanggung jawab sebagai orang tua kedua dari siswa untuk mendampingi serta mengarahkan siswa sehingga potensi yang ada pada diri mereka dapat berkembang dan lebih maju. Alasan penulis mengangkat masalah ini adalah karena adanya realitas, wacana yang berkembang, bahkan pro-kontra mengenai adanya Sertifikasi Guru dari berbagai kalangan dalam masyarakat. Di mana sertifikasi guru ini kadang hanya dipandang seseorang dari kesejahteraan guru saja, tanpa melihat adanya tujuan yang hendak dicapai dari program pemerintah tersebut, yakni menyatakan profesionalitas guru dalam mengajar. Bertitik tolak dari alasan di atas, maka penulis tertarik untuk membahas hubungan guru yang lulus sertifikasi dengan profesionalismenya dalam mengajar di SMA Negeri 2 Rantepao. Penelitian ini diadakan di SMA Negeri 2 Rantepao, dengan populasi seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 303 siswa. Dari jumlah populasi tersebut, ditetapkan sampel sebanyak 90 orang masing-masing 10 orang dari tiap kelas yang terbagi dalam 9 kelas pararel. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan penelitian lapangan melalui angket. Dengan menggunakan metode penelitian tersebut, penulis menemukan bahwa guru yang lulus sertifikasi berhubungan positif dengan profesionalismenya.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 11 Dec 2024 15:29
Last Modified: 11 Dec 2024 15:29
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3604

Actions (login required)

View Item View Item