Serang, Junaedi (2018) Implikasi Pelaksanaan Penilaian Autentik bagi Guru dan Siswa Kelas XI IPA-1 dan XI IPS-1 pada Mata Pelajaran PAK di SMA Negeri 1 Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
junaedi_hd.doc Download (172kB) |
|
Text
junaedi_kp.doc Download (69kB) |
|
Text
junaedi_bab_1.doc Download (59kB) |
|
Text
junaedi_bab_2.doc Download (554kB) |
|
Text
junaedi_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (39kB) | Request a copy |
|
Text
junaedi_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text
junaedi_bab_5.doc Download (16kB) |
|
Text
junaedi_dp.doc Download (27kB) |
|
Text
junaedi_lp.doc Download (839kB) |
|
Text
junaedi_cv.doc Download (24kB) |
Abstract
Junaedi Serang (1020143906), 2018, menyusun skripsi dengan judul: Implikasi Pelaksanaan Penilaian Autentik Bagi Guru dan Siswa Kelas XI IPA-1 dan XI IPS-1 dalam Mata Pelajaran PAK di SMA Negeri 1 Tana Toraja. Penulisan skripsi ini, di bawah bimbingan Alfrida L. Membala, M.Pd.K sebagai pembimbing I dan bimbingan Dr. I Made Suardana, M.Th. sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah adanya tuntutan zaman dan untuk peningkatan kualitas hidup peserta didik maka pemerintah mengeluarkan Kurikulum 2013 yang diimplementasikan secara bertahap mulai tahun pelajaran 2013/2014 dan pendekatan penilaian yang dianggap tepat dalam Kurikulum 2013 adalah penilaian autentik. Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Tana Toraja pada tahun pelajaran 2014/2015. Dengan demikian penilaian autentik pun dilaksanakan pada setiap mata pelajaran. Dari pelaksanaan autentik tersebut pasti ada implikasi bagi guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implikasi pelaksanaan penilaian autentik bagi guru dan siswa kelas XI IPA-1 dan XI IPS-1 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMA Negeri 1 Tana Toraja. Di mana penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan domumentasi dengan teknik analisis data adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan analisis data Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikasi pelaksanaan penilaian autentik bagi guru dan siswa XI IPS-I dapat berimplikasi positif dan negatif sedangkan bagi siswa kelas XI IPA-1, berimplikasi positif. Implikasi positif bagi guru adalah guru terbantu dalam memberikan penilaian kepada siswa pada setiap aspek atau ranah, guru memberikan penilaian secara objektif, membuat guru merasa senang dan menjadikan tolak ukur untuk lebih mengoptimalkan pengimplementasian penilaian autentik. Kemudian implikasi negatif bagi guru adalah membuat guru merasa kecewa terhadap siswa. Selanjutnya implikasi positif bagi siswa Kelas XI IPA-1 adalah membuat siswa termotivasi, bersemangat dan aktif mengikuti kegiatan pembelajaran, membuat siswa dapat bertanggungjawab, berani dan percaya diri mengemukakan pendapat. Implikasi Positif bagi siswa Kelas XI IPS-1 adalah juga membuat siswa termotivasi, bersemangat dan aktif mengikuti kegiatan pembelajaran, dan berani mengemukakan pendapat, tetapi implikasi negatifnya adalah membuat siswa lebih mengandalkan internet. Dengan penelitian ini, maka penulis memberikan saran kepada STAKN Toraja, SMA Negeri 1 Tana Toraja dan pembaca.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 14:09 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 14:09 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3583 |
Actions (login required)
View Item |