Panggalo, Yohana Mani' (2010) Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Luar Biasa: suatu Tinjauan Teologis-Praksis tentang Peran Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen bagi Anak-Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Tana Toraja Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
yohana_hd.doc Download (180kB) |
|
Text
yohana_kp.doc Download (84kB) |
|
Text
yohana_bab_1.doc Download (68kB) |
|
Text
yohana_bab_2.doc Download (279kB) |
|
Text
yohana_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text
yohana_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (289kB) | Request a copy |
|
Text
yohana_bab_5.doc Download (12kB) |
|
Text
yohana_dp.doc Download (43kB) |
|
Text
yohana_lp.doc Download (267kB) |
|
Text
yohana_cv.doc Download (15kB) |
Abstract
Yohana Mani’ Panggalo, Judul: “Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah Luar Biasa”, suatu tinjauan Teologis-Praksis tentang Peran Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen bagi Anak-Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Tana Toraja Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja. Penulis mengangkat masalah ini karena penulis melihat bahwa siswa SLB khususnya anak tunagrahita sangat membutuhkan juga Pendidikan Agama Kristen tetapi realitas yang terjadi adalah kurangnya perhatian terhadap PAK bagi anak tunagrahita khususnya mengenai peran guru dalam pembelajaran PAK. Dalam skripsi ini penulis membahas tentang peran guru sebagai seorang ahli, konselor/pembimbing, fasilitator, dan motivator dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAK bagi anak-anak tunagrahita di SLB Negeri Tana Toraja Kecamatan Mengkendek. Penelitian ini diadakan di SLB Negeri Tana Toraja Kecamatan Mengkendek, dengan sasaran penelitian/populasi ada 4 orang yakni guru yang mengajarkan PAK di SLB itu. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan angket. Observasi dan wawancara hanya sebagai pendukung dalam penelitian. Dengan menggunakan metode penelitian tersebut, penulis menemukan bahwa keempat peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAK bagi anak-anak tunagrahita belum maksimal dilakukan khususnya peran sebagai fasilitator dan sebagai seorang ahli di bidang PAK karena memang guru yang mengajarkan PAK bukan lulusan di bidang PAK, namun mereka adalah lulusan kependidikan jurusan Pendidikan Luar Biasa.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 15:39 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 15:43 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3551 |
Actions (login required)
View Item |