Basongan, Mariana (2010) Pendidikan Orang tua dan Prestasi Anak: Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Anak dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SDN 48 Tinimbo. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
mariana_hd.doc Download (99kB) |
|
Text
mariana_kp.doc Download (61kB) |
|
Text
mariana_bab_1.doc Download (86kB) |
|
Text
mariana_bab_2.doc Download (228kB) |
|
Text
mariana_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text
mariana_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text
mariana_cv.doc Download (15kB) |
|
Text
mariana_dp.doc Download (22kB) |
|
Text
mariana_lp.doc Download (119kB) |
|
Text
mariana_cv.doc Download (15kB) |
Abstract
Mariana Basongan, PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PRESTASI ANAK.”Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Dasar Negeri Nomor 48 Tinimbo”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar anak dalam mata pelajaran PAK di SDN 48 Tinimbo. Penelitian ini adalah sebuah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif, yaitu menyajikan data sesuai dengan fakta atau kenyataan yang ada di lapangan penelitian, dengan satuan analisis individual. Populasi segenap peserta didik yang beragama Kristen di SDN 48 Tinimbo pada tahun pelajaran 2009/2010 sebanyak 125 orang.. Sampel besarnya sampel adalah sebanyak 20% dari jumlah populasi yakni 52 orang peserta didik. Teknik Pengumpulan data;dokumentasi dan wawancara atau interview. Teknik analisis adalah distribusi frekuensi dan analisis pengaruh. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa tingkat pendidikan orang tua tidak berkorelasi positif dengan prestasi belajar anak dalam mata pelajaran PAK di sekolah, karena mayoritas tingkat pendidikan orang tua rendah namun prestasi belajar masuk ketegori tinggi. Hipotesis Penelitian yang mengatakan: ”diduga tingkat pendidikan orang tua berpengaruh positif terhadap pencapaian prestasi belajar anak dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SDN 48 Tinimbo, dinyatakan ditolak, karena tingkat pendidikan orang tua mayoritas rendah namun prestasi belajar mayoritas tinggi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa semakin tinggi pendidikan orang tua semakin memungkinkan anak-anak mereka memperoleh nilai prestasi yang tinggi dalam mata pelajaran PAK.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 07 Dec 2024 18:23 |
Last Modified: | 07 Dec 2024 18:23 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3524 |
Actions (login required)
View Item |