Tonapa, Fronika (2009) Siswaku Sahabatku: suatu Tinjauan Teologis tentang Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen sebagai Sahabat Nara Didik dalam Proses Pembelajaran di Sekolah-Sekolah Menengah Atas dalam Wilayah Kecamatan Rantepao. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
fronika_hd.doc Download (117kB) |
|
Text
fronika_kp.doc Download (83kB) |
|
Text
fronika_bab_1.doc Download (39kB) |
|
Text
fronika_bab_2.doc Download (338kB) |
|
Text
fronika_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (104kB) | Request a copy |
|
Text
fronika_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text
fronika_bab_5.doc Download (28kB) |
|
Text
fronika_dp.doc Download (21kB) |
|
Text
fronika_lp.doc Download (56kB) |
|
Text
fronika_cv.doc Download (9kB) |
Abstract
FRONIKA TONAPA, 2009, menyusun skripsi dengan judul “SISWAKU, SAHABATKU”, dengan sub judul “Suatu Tinjauan Teologis tentang Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Sahabat Nara Didik dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas dalam Wilayah Kecamatan Rantepao”. Judul ini dipilih sebagai bahan untuk meninjau kembali akan tugas dan peranan guru PAK yang semestinya dalam meningkatkan mutu PAK, dan dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran PAK di sekolah-sekolah menengah atas. Dari judul skripsi ini hendak menjelaskan bahwa peranan seorang guru PAK adalah peranan yang multifungsi, selain sebagai pengajar Agama Kristen mereka juga adalah seorang pendidik dan pembimbing. Yang membimbing setiap mereka yang dipercayakan oleh Allah kepadanya. Peranan inilah yang membedakan seorang guru PAK dengan guru bidang studi lain. Yang mengajar dan menyampaikan ilmu dengan tujuan supaya siswa menjadi pintar dan berilmu sehingga keberhasilan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran hanya diukur dari kepintaran dan nilai-nilai kognitif yang berhasil didapatkan oleh siswa. Sedangkan PAK tidaklah demikian, karena ada sebuah nilai yang membedakannya dengan bidang studi lain yakni bahwa PAK adalah sebuah pembelajaran iman yang di dalamnya lebih menekankan pada nilai-nilai spiritual dan nilai-nilai moral. Karena itu keberhasilan seorang siswa dalam mengikuti pelajaran tidak hanya boleh diukur dari kepintaran mereka menghafal tokoh-tokoh Alkitab atau sejarah bangsa Israel dan lain sebagainya, melainkan keberhasilan siswa dapat dilihat dari sejauh mana kecerdasan dan pola hidup Kristen yang diperlihatkan. Sehubungan dengan peranan guru PAK sebagai seorang pendidik dan pembimbing, maka semestinya guru PAK harus bisa memposisikan diri sebagai seorang sahabat dari siswa, supaya guru PAK dapat mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh siswa, dan bagaimana iman Kristen berbicara tentang permasalahan hidup siswa tersebut. Setelah penulis mengadakan penelitian di lapangan, ternyata bahwa masih sebagian dari guru-guru PAK belum bisa memperlihatkan dan memainkan peranan seorang guru PAK sebagai seorang sahabat dari siswa. Sehingga bagi siswa, guru PAK tidak jauh berbeda dengan guru bidang studi yang lain yang mengajar mereka.Oleh karena itu melalui tinjauan ini penulis mengharapkan supaya hendaknya pengajaran dan pembimbingan dalam Pendidikan Agama Kristen beijalan bersamaan supaya dapat meningkatkan mutu dari pengajaran PAK. Sehingga guru PAK sebagai alat yang dipakai oleh Allah untuk membawa setiap domba-domba-Nya kepada terang-Nya dengan kesadaran tersebut membantu siswa dalam keberhasilannya mengikuti pelajaran PAK.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 18:14 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 18:14 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3503 |
Actions (login required)
View Item |