Moula, Helmina (2008) Alat Peraga: Kajian Studi Penggunaan Alat Peraga Dalam Mata Pelajaran PAK Kelas II di Sekolah Dasar Inpres Puri Taman Sari. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
helmina_hd.doc Download (73kB) |
|
Text
helmina_kp.doc Download (44kB) |
|
Text
helmina_bab_1.doc Download (71kB) |
|
Text
helmina_bab_2.doc Download (95kB) |
|
Text
helmina_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text
helmina_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text
helmina_bab_5.doc Download (63kB) |
|
Text
helmina_dp.doc Download (17kB) |
|
Text
helmina_lp.doc Download (42kB) |
|
Text
helmina_lp2.doc Download (2MB) |
|
Text
helmina_cv.doc Download (25kB) |
Abstract
Sejak dari awal berdirinya suatu lembaga pendidikan menyadari akan pentingnya pengajaran bagi nara didik, secara khusus pengajaran agama bagi nara didik sebagai generasi penerus bangsa oleh karena itu disadari pula akan pentingnya suatu bentuk pengajaran yang lebih teratur. Dengan perkembangan sekolah sebagai suatu lembaga, kemudian menjadikan pengajaran PAK semakin diperhatikan dalam suatu wadah pengajaran yang disebut pengajaran Agama Kristen. Banyak hal yang perlu diperhatikan oleh sekolah sebagai lembaga, mulai dari tenaga guru, fasilitas misalnya tempat berlangsungnya proses belajar mengajar, Alkitab, Buku pedoman bagi guru, alat peraga yang dapat menunjang terciptanya proses belajar mengajar dalam pembentukan imam bagi nara didik. Banyak lembaga pendidikan yang belum sepenuhnya menyadari penanganan pelajaran PAK, yang masih “dikesampingkan” dalam pelayanan. Demikian halnya yang terjadi di sekolah-sekolah secara umum dan secara khusus di sekolah Dasar Inpres Puri Taman Sari. Perkembangan dunia pendidikan, dengan melihat pentingnya metode visual dalam menyampaikan materi pengajaran secara khusus pengajaran PAK yang adalah salah satu bidang studi penting dalam membentuk sikap dan mental nara didik untuk membawa mereka pada pengenalan akan apa yang di imaninya, maka hal ini mendorong guru untuk mengoptimalkan pengajarannya di sekolah-sekolah dengan menggunakan alat peraga ketika mengajar, sebab pada usia sekolah nara didik masih berpikir sederhana. Dalam penggunaan alat peraga di sekolah-sekolah secara umum dan secara khusus di sekolah Dasar Inpres Puri Taman Sari, penting untuk memperhatikan konteksnya, alat peraga yang sesuai dengan materi pengajaran, dan sesuai karakteristik nara didik. Dengan penggunaan alat peraga, maka tujuan pengajaran PAK akan tercapai, berita keselamatan dari Allah melalui Yesus Kristus dapat menjangkau nara didik sebagai penerus berita Injil di masa depan, dan hal itu harus disadari lebih dini dengan jalan memotivasi, membimbing, mengajar, nara didik dengan metode yang lebih tepat dengan menggunakan alat peraga dalam proses belajar mengajar yang sangat membantu nara didik untuk lebih cepat mengerti atau memahami pengajaran yang disampaikan dalam penyampaian materi pelajaran. Dalam hal ini semua pihak harus berperan aktif (Guru, Orangtua dan sekolah itu sendiri).
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 17:22 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 17:22 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3478 |
Actions (login required)
View Item |