Orang Tua sebagai Guru dalam Keluarga: suatu Tinjauan terhadap Peranan Orang Tua sebagai Guru Utama dan Pertama bagi Anak di GTM Jemaat Bukit Batu Klasis Makassar

Florida, Nina (2009) Orang Tua sebagai Guru dalam Keluarga: suatu Tinjauan terhadap Peranan Orang Tua sebagai Guru Utama dan Pertama bagi Anak di GTM Jemaat Bukit Batu Klasis Makassar. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
nina_hd.doc

Download (122kB)
[img] Text
nina_kp.doc

Download (42kB)
[img] Text
nina_bab_1.doc

Download (53kB)
[img] Text
nina_bab_2.doc

Download (285kB)
[img] Text
nina_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
nina_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
nina_bab_5.doc

Download (16kB)
[img] Text
nina_dp.doc

Download (27kB)
[img] Text
nina_lp.doc

Download (23kB)
[img] Text
nina_cv.doc

Download (16kB)

Abstract

ORANG TUA SEBAGAI GURU DALAM KELUARGA Pertumbuhan iman anak kepada Tuhan merupakan dambaan setiap orang tua dalam kehidupannya. Untuk mencapai iman yang demikian, banyak usaha yang ditempuh setiap orang untuk membentuk dan membangun imannya. Dalam kehidupan masyarakat pada zaman sekarang, salah satu kesempatan untuk membina dan membangun kepribadian yang bertumbuh dalam iman adalah lembaga keluarga dimana anak mendapatkan pendidikan informal. Di lingkungan keluarga memungkinkan setiap orang untuk memperoleh pengetahuan tentang pembinaan dan pembangunan iman dan pertumbuhannya. Di samping itu, keluarga juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat dimana keluarga itu berada. Sebagai bagian masyarakat, keluarga tidak dapat menghindari berbagai perkembangan dan kemajuan yang teijadi di sekelilingnya. Oleh karena itu, untuk menghindari berbagai dampak yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak ke arah yang negatif, maka orang tua perlu meningkatkan peranannya sebagai guru yang pertama dan utama dalam keluarga. Menjadi tugas dan tanggung jawab orang tua untuk melaksanakan perananannya sebagai guru dalam keluarga. Peranan orang tua di sini adalah mengajarkan tentang nilai-nilai yang harus diterapkan anak-anak untuk memiliki kepribadian yang beriman kepada Yesus. Kemudian, orang tua juga berperan memberi contoh dan teladan dalam menerapkan nilai-nilai yang diajarkannya tersebut. Dengan demikian, anak dapat meneladaninya. Sikap dan sistem dalam penerapan pendidikan keluarga dapat dikembangkan dengan lebih lagi sehingga semua anak-anak dapat memiliki kepribadian yang baik dan bertanggung jawab Sebab jika anak-anak memiliki kepribadian yang baik dan beriman berarti tujuan pelaksanaan pendidikan dalam keluarga dapat tercapai, yaitu dapat menghasilkan anak-anak yang beriman kepada Tuhan dan iman mereka tersebut senantiasa direalisasikan dalam kehidupan mereka sehari-hari di dalam masyarakat. Tugas dan tanggung jawab gereja, tidak terlepas dari keikut sertaan berbagai unsur dalam gereja. Dengan demikian gereja pun mampu mengembangkan dan melaksanakan seluruh pola pelayanan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan beijemaat.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 04 Dec 2024 15:03
Last Modified: 04 Dec 2024 15:03
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3475

Actions (login required)

View Item View Item