Potting Sassu, Sariawan (2009) Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Dasar: suatu Studi tentang Pengaruh Media Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Kristen dengan Prestasi Belajar Anak Kelas III di Sekolah Dasar Inpres Kassi-Kassi I Kota Makassar. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
sariawan_hd.doc Download (157kB) |
|
Text
sariawan_kp.doc Download (32kB) |
|
Text
sariawan_bab_1.doc Download (17MB) |
|
Text
sariawan_bab_2.doc Download (482kB) |
|
Text
sariawan_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text
sariawan_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (324kB) | Request a copy |
|
Text
sariawan_bab_5.doc Download (60kB) |
|
Text
sariawan_dp.doc Download (10kB) |
|
Text
sariawan_lp.doc Download (74kB) |
|
Text
sariawan_cv.doc Download (15kB) |
Abstract
Keberadaan Sekolah Dasar sebagai suatu lembaga pendidikan memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mengembangkan potensi yang dimiliki anak didik melalui proses belajar mengajar. Di Sekolah Dasar anak dididik dibekali berbagai pengetahuan mulai dari pengetahuan umum sampai kepada pengetahuan Agama atau ajaran tentang iman anak. Kehadiran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Dasar merupakan hak yang sangat penting dan mendasar dalam kehidupan seorang anak karena melalui Pendidikan Agama anak-anak didik akan mengetahui Aliahnya sebagai pencipta langit dan bumi serta segala isinya serta dapat mengasihi sesama manusia. Dalam pelaksanaan pembelajaran PAK di Sekolah Dasar Inpres Kassi-Kassi I terkait dengan banyak hal mulai dari fasilitas ruangan kelas sampai kepada media pembelajaran seperti papan tulis, Alkitab, buku PAK pedoman guru, buku PAK pegangan murid, sampai kepada alat peraga yang dapat menunjang terciptanya proses belajar mengajar yang baik dalam pembentukan iman anak. Media pembelajaran yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran PAK di Sekolah Dasar Inpres Kassi-Kassi I disesuaikan dengan materi yang dipelajari anak. Dengan menggunakan media dalam pengajaran PAK di Sekolah Dasar Inpres Kassi-Kassi I khusus kelas III ternyata bagi kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran prestasinya lebih rendah bila dibandingkan dengan kelas yang menggunakan mendia pembelajaran. Kelas III B yang menggunakan media pembelajaran dalam belajar PAK nilai prestasi yang diperoleh anak lebih meningkat yakni 0,9, dibandingkan dengan kelas III A yang tidak menggunakan media pembelajaran dalam belajar nilai yang diperoleh hanya 0,4.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 15:28 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 15:28 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/3419 |
Actions (login required)
View Item |