Etika Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal: Kajian Teologis tentang Nilai Longko’ dalam Perilaku Siswa Kelas X di SMAN 1 Rindingallo Kecamatan Rindingallo Kabupaten Toraja Utara

Andarias, Andarias (2015) Etika Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal: Kajian Teologis tentang Nilai Longko’ dalam Perilaku Siswa Kelas X di SMAN 1 Rindingallo Kecamatan Rindingallo Kabupaten Toraja Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
andarias_hd.docx

Download (20kB)
[img] Text
andarias_kp.docx

Download (11kB)
[img] Text
andarias_bab_1.docx

Download (10kB)
[img] Text
andarias_bab_2.docx

Download (31kB)
[img] Text
andarias_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB) | Request a copy
[img] Text
andarias_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text
andarias_bab_5.docx

Download (7kB)
[img] Text
andarias_dp.docx

Download (8kB)
[img] Text
andarias_cv.docx

Download (14kB)

Abstract

ANDARIAS, 2015, menyusun skripsi dengan judul “ETIKA PENDIDIKAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL, yaitu Kajian Teologis Tentang Nilai Longko’ dalam Perilaku Siswa Kelas X SMAN 1 Rindingallo di Kecamatan Rindingallo Kabupaten Toraja Utara. Nilai longko ’ merupakan salah satu nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Toraja, yang juga merupakan pedoman dalam bertingkah laku. Longko’ merupakan standar etika kama dijadikan tolok ukur benar tidaknya perbuatan yang akan dilakukan oleh seseorang. Adanya kesadaran dalam diri setiap orang sebelum melakukan tindakan menunjukkan bahwa yang bersangkutan mempertimbangkan keputusan yang diambil sudah benar dan tidak merugikan orang lain termasuk dirinya. Unsur penting dalam nilai longko’ ini ialah sopan santun dan menghargai orang lain. Cara memperlakukan orang dan menempatkan diri pada posisi yang seharusnya menunjukan bahwa dalam diri orang tersebut masih memiliki longko ’ yang merupakan standar moral dalam berperilaku. Jika perbuatan yang dilakukan bertentangan dengan nilai dan norma yang ada dalam masyarakat itu menunjukan bahwa tidak ada lagi longko ’ dalam diri orang tersebut. Makna longko ’ yang dimaksud disini ialah standar moral dalam berperilaku. Karena merupakan etika maka penting nilai longko’ ini diajarkan kepada siswa di sekolah khusunya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Guru PAK harus mampu mentrasformasi nilai longko ’ kedalam pembelajaran agar siswa dapat mengetahui terlebih menjadi bagian dalam diri mereka sebagai generasi muda yang mengerti sopan santun dan menghargai orang lain termasuk dirinya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif yakni pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa salah satu nilai kebudayaan Toraja yakni nilai longko ’. Merupakan salah satu nilai yang dapat membentuk karakter dan mempengaruhi perilaku peserta didik di SMAN 1 Rindingallo. Hal ini terbukti dengan perilaku yang diperlihatkan oleh peserta didik, bahkan dari berkurangnya perilaku menyimpang yang dilakukan peserta didik. Temuan tersebut dapat memberikan konstribusi bagi para guru sebagai pendidik dalam mengembangkan lebih dalam nilai longko’ untuk diajarkan kepada peserta didik sehingga pemahaman terhadap nilai moral semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 22 Mar 2024 19:31
Last Modified: 30 Jul 2024 08:52
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item View Item