Upa', Febriani (2017) Sumbangsih Teologi Feminis Bagi Pendidikan di Indonesia :sebuah Analisis tentang Usaha Mengikis Ketidaksetaraan Gender dalam Pendidikan di SMA Kristen Barana’ Kabupaten Toraja Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
Text
febriani_hd.doc Download (123kB) |
|
Text
febriani_kp.doc Download (57kB) |
|
Text
febriani_bab_1.doc Download (99kB) |
|
Text
febriani_bab_2.doc Download (551kB) |
|
Text
febriani_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (48kB) | Request a copy |
|
Text
febriani_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text
febriani_bab_5.doc Download (27kB) |
|
Text
febriani_dp.doc Download (28kB) |
|
Text
febriani_lp.doc Download (34kB) |
|
Text
febriani_cv.doc Download (34kB) |
Abstract
ABSTRAK Ferbriani Upa’, NIRM 20133696, Tahun 2017, Menyusun skripsi dengan judul “Sumbangsih Teologi Feminis Bagi Pendidikan di Indonesia”: Sebuah Analisis Tentang Usaha Mengikis Ketidaksetaraan Gender dalam Pendidikan di SMA Kristen Barana’ Kabupaten Toraja Utara”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui usaha mengikis ketidaksetaraan gender dalam pendidikan di SMA Kristen Barana’ Kabupaten Toraja Utara. Pendidikan merupakan suatu proses pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Namun, kenyataan yang terjadi dalam dunia pendidikan pemberdayaan yang utuh bagi peserta didik belum terlaksana secara maksimal. Hal tersebut diakibatkan oleh pemahaman yang masih melekat dalam diri masyarakat (peserta didik) bahwa adanya perbedaan antara laki-laki dan perempuan yang dapat mempengaruhi proses terlaksananya pendidikan yang adil gender di lingkungan sekolah. Pendidikan adalah wadah pemberdayaan manusia secara utuh sehingga menghasilkan manusia yang berkualitas dalam berbagai aspek kehidupan. Hal ini yang kemudian menjadi bahan pemikiran penulis untuk melihat bagaimana usaha mengikis ketidaksetaraan gender dalam pendidikan di SMA Kristen Barana’ Kabupaten Toraja Utara dalam rangka menolong peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang utuh mengenai kesetaraan gender dalam pendidikan. Dalam merampung penulisan ini, metode yang digunakan oleh Penulis adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan studi pustaka, observasi, wawancara, dan studi dokumenter dengan teknik pengolahan data melalui reduksi data, penyajian data, dan analisis. Jumlah narasumber yang diteliti adalah empat guru dan empat siswa SMA Kristen Barana’. Hasil wawancara dari setiap narasumber yang kemudian membantu Penulis untuk menganalisis data yang diperoleh. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa peserta didik di SMA Kristen Barana’ belum sepenuhnya menerapkan praktik-praktik keadilan dan kesetaraan gender dalam pendidikan. Peserta didik harus memahami pentingnya memahami bahkan menerapkan kesetaraan gender dalam seluruh proses pelaksanaan pendidikan di lingkungan sekolah. Oleh karena itu Teologi Feminis yang berisikan konsep kesetaraan gender yang ditinjau dari persepektif iman Kristen hendaknya disalurkan kepada peserta didik untuk mendapatkan pemahaman yang tepat dalam rangka pemberdayaan bagi seluruh peserta didik yang tepat dan utuh. Melihat hal tersebut maka sekolah khususnya guru Agama diharapkan untuk mengikutsertakan atau memperkenalkan konsep kesetaraan gender atau teologi feminis dalam proses pembelajaran dari perspektif kristiani kepada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 27 Oct 2024 17:00 |
Last Modified: | 27 Oct 2024 17:00 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2906 |
Actions (login required)
View Item |