Kende, Maya Rospita (2014) Studi Evaluatif tentang Model Evaluasi Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) Untuk Mengetahui Pertumbuhan Rohani Siswa di SDN 2 Denpina Kecamatan Denpina Kabupaten Toraja Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
Text
maya_hd.doc Download (152kB) |
|
Text
maya_kp.doc Download (64kB) |
|
Text
maya_bab_1.doc Download (99kB) |
|
Text
maya_bab_2.doc Download (555kB) |
|
Text
maya_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text
maya_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (154kB) | Request a copy |
|
Text
maya_bab_5.doc Download (16kB) |
|
Text
maya_dp.doc Download (17kB) |
|
Text
maya_cv.doc Download (28kB) |
Abstract
ABSTRAK Maya Rospita Kende. Nirm: 20103053, menyusun skripsi dengan judul: Sludi Evaluatif tentang Model Evaluasi Guru PAK untuk Meningkatkan Pertumbuhan Rohani Siswa di SDN 2 Denpina. Dengan dosen pembimbing DR. Maidiantus Tanyid, M.Th, sebagai dosen pembimbing pertama dan Syukur Matasak M.Th sebagai dosen pembimbing kedua. Evaluasi merupakan proses yang dilakukan untuk mengetahui tujuan yang hendak dicapai dalam pembelajaran. Seorang guru memiliki peranan yang sangat penting dalam melaksanakan proses pembelajaran di mana guru PAK harus memperhatikan seluruh aspek dalam proses pembelajaran. Khususnya untuk mengetahui apakah tujuan pembelajaran yang hendak dicapai telah terlaksana dengan baik atau belum maka diadakan evaluasi oleh guru terhadap peserta didik. Dalam melakukan penelitian, metode yang penulis gunakan yaitu metode penelitian kualitatif, ada dua Teknik yang penulis gunakan dalam peneltian yaitu teknik analisis dalam bentuk observasi /pengamatan secara langsung di tempat penelitian dan wawancara secara langsung dengan informan. Berdasarkan hasil penelitian di SDN 2 Denpina tentang model evaluasi yang digunakan oleh guru PAK ketika melaksanakan evaluasi sudah cukup baik karena dalam penggunaan bukan hanya terfokus pada satu model tetapi juga menggunakan model yang lain yang menyangkut tiga ranah pembelajaran. Dalam melakukan evaluasi guru menghasilkan hasil yang baik khususnya menyangkut pertumbuhan rohani peserta didik di SDN 2 Denpina dan itu terbukti melalui kerjasama pada saat ibadah dilakukan di sekolah, yang perlu dilakukan oleh guru di SDN 2 Denpina adalah meningkatkan evaluasi dan menggunakan model yang tepat dan relevan dengan perkembangan peserta didik. Dalam melaksanakan proses pembelajaran model evaluasi yang tepat yaitu model kesesuaian karena model ini tidak terikat hanya pada satu ranah tetapi mencakup ketiga ranah pembelajaran. Model evaluasi yang digunakan oleh guru PAK di SDN Denpina sudah cukup baik, hanya perlu untuk terus ditingkatkan. Evaluasi yang seharusnya dilakukan bersifat komprehensif demi pertumbuhan rohani peserta didik.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 19:17 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 19:19 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2853 |
Actions (login required)
View Item |