Tandi Puang, Febrian (2023) Implikasi Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pacasila terhadap Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VII di SMP Negeri 1 Sangalla. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
febrian_similarity_index.pdf Download (72kB) |
|
Text
febrian_kp.docx Download (10kB) |
|
Text
febrian_bab_1.docx Download (14kB) |
|
Text
febrian_bab_2.docx Download (90kB) |
|
Text
febrian_bab_3.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) | Request a copy |
|
Text
febrian_bab_4.docx Restricted to Repository staff only Download (24kB) | Request a copy |
|
Text
febrian_bab_5.docx Download (6kB) |
|
Text
febrian_dp.docx Download (8kB) |
Abstract
FEBRIAN TANDI PUANG (1020196935) menulis skripsi dengan judul “Implikasi Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VII di SMP Negeri 1 Sangalla’” (dibimbing oleh Dr. Setrianto Tarrapa’, M.Pd.K dan Ice Novita Triana Lolon, S.S., MA). Kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran yang beragam dalam mengoptimalkan dan menguatkan kompetensi siswa. Salah satu ikon kurikulum merdeka sebagai penguatan kompetensi yang merujuk pada penguatan karakter adalah projek penguatan profil pelajar Pancasila yang bertujuan untuk menguatkan karakter siswa berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi projek penguatan profil pelajar Pancasila terhadap pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas VII di SMP Negeri 1 Sangalla’. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan penelitian ditentukan berdasarkan kebutuhan penelitian. Data primer diperoleh melalui pengamatan dan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dengan penelitian dan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka dengan mengkaji beberapa literatur yang erat hubungannya dengan permasalahan yang diteliti. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya disajikan dalam bentuk deskriptif dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikasi pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila berdampak positif terhadap pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas VII di SMPN 1 Sangalla’. Dengan adanya pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila yang terintegrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen mampu menguatkan karakter kristiani siswa yang ditandai dengan karakter kasih, sukacita, kesabaran, dan penguasaan diri. Kata kunci : Kurikulum Merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Karakter Kristiani
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Karakter Kristiani |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | mahasiswa mahasiswa |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 11:19 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 10:48 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/284 |
Actions (login required)
View Item |