Mammai, Jandri (2024) Penerapan Metode Show and Tell untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VII-B SMPN 1 Sanggalangi’. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
jandri_skpp.pdf Download (79kB) |
|
Text
jandri_hd.pdf Download (310kB) |
|
Text
jandri_kp.pdf Download (481kB) |
|
Text
jandri_bab_1.pdf Download (580kB) |
|
Text
jandri_bab_2.pdf Download (728kB) |
|
Text
jandri_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
jandri_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (717kB) | Request a copy |
|
Text
jandri_bab_5.pdf Download (489kB) |
|
Text
jandri_dp.pdf Download (255kB) |
|
Text
jandri_lp.pdf Download (664kB) |
|
Text
jandri_cv.pdf Download (170kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Show And Tell Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VII-B SMPN 1 Sanggalangi’ ini ditulis oleh Jandri Mammai, Nirm 1020207912, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kristen, Program Studi Pendidikan Agama Kristen, yang dibimbing oleh Alfrida Lembang, M.Pd.K. dan Stephani I. M. Siallagan, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran, khususnya pada penggunaan metode, pembelajaran yang kurang menarik dan monoton karena menggunakan metode ceramah. Hal ini berdampak pada rendahnya kepercayaan diri siswa. Oleh karena itu, diharapkan guru mampu membuat inovasi dalam pembelajaran khususnya pada penggunaan metode show and tell untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui metode show and tell untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VII-B SMPN 1 Sanggalangi’. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan MC Taggart dengan beberapa langkah yaitu: Pra-siklus, Siklus I dan Siklus II yang di dalamnya melakukan beberapa tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Hasil penelitan dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan kepercayaan diri siswa yaitu 57% dengan kriteria cukup menjadi 62% dengan kriteria baik dapat dilihat dari setiap indikator yaitu: indikator berani tampil di depan kelas dengan rata-rata 59%, mampu mengemukakan pendapat dengan rata-rata 67%, mengerjakan tugas dengan baik dengan rata-rata 56%, dan ulet menghadapi kesulitan dengan rata-rata 49%. Kesimpulan ini menjelaskan bahwa penerapan metode show and tell dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa, dimana penerapannya sangat baik dan berhasil. Kata Kunci: Metode Show And Tell, Kepercayaan Diri. ABSTRACK The thesis with the title “ Application of the Show and Tell Method to Increase Student’s Selft- Confidence In Class VII-B Christian Religious Edication Learning at SMPN 1 Sanggalangi’ wa written by Jandri Mammai, Nirm 1020207912, Faculity of Teacher Training and Christian Education, Christian Religious Education Study Program, who supervised by Alfrida Lembang, M.Pd.K. and Stephani I. M. Siallagan, M.Pd. This research was motivaed by student’s lack of self-confidence in learning, especially in the use of methods, learning that took place was less interesting and monotonous using the lecture method. This has and impact on student’s low self-confidence. So it is hoped that teachers will be able to make innovations in learning, especially in the use of the show and tell method to increase student’s self-confidence. The aim of the research os to determine the show and tell method to increase student’s self- confidence in learning Christian Relegious Education Class VII-B SMPN 1 Sanggalangi’. The method used in this research is Classroom Action Research using the Kemmis and MC Taggart modl with several steps, namely: Pre-cycle, Cycle I and Cycle II, which includes several stages, mamely: planning stage, implementation stage, observation stage, and reflection. The research results from cycle I and cycle II showed an increase in student’s self-confidence, namely 57% with sufficient criteria to 62% with good criteria which can be seen from each indicator, namely: the indicator of being brave in appearing in front of the class with n average of 59%, being able to express an opinion with an average-an average of 67%, doing tasks well with an average of 56%, and being tenacious in facing difficulties with an average of 49%. This conclusion explains that the application of the show and tell method can increase student’s self-confidence, where the application is very good and successful. Keywords: Show And Tell Method, Self-Confidence.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 13:49 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 13:49 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2761 |
Actions (login required)
View Item |