Natalia, Lilis (2022) Pemanfaatan Kaleng Bekas sebagai Media Kreativitas Anak Sekolah Minggu Kelas Kecil di Gereja Toraja Jemaat Tonglo. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
lilis_skpp.doc Download (55kB) |
|
Text
lilis_hd.doc Download (158kB) |
|
Text
lilis_kp.doc Download (88kB) |
|
Text
lilis_bab_1.doc Download (69kB) |
|
Text
lilis_bab_2.doc Download (122kB) |
|
Text
lilis_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text
lilis_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
lilis_bab_5.doc Download (20kB) |
|
Text
lilis_dp.doc Download (27kB) |
|
Text
lilis_lp.doc Download (319kB) |
|
Text
lilis_lp2.doc Download (929kB) |
|
Text
lilis_cv.doc Download (35kB) |
Abstract
Lilis Natalia, 2120175612'Temanfaatan Kaleng Bekas Sebagai Media Kreativitas Anak Sekolah Minggu Kelas Kecil Di Gereja Toraja Jemaat Tonglo". Kaleng bekas merupakan sampah yang terbuat dari aluminium dengan campuran logam, yang tergolong ke dalam sampah anorganik atau sampah yang tidak mudah terurai. Kaleng bekas dapat dimanfaatkan sebagai media kreativitas bagi anak sekolah minggu. Tujuan dari penelitian ini, anak mampu memainkan ritme 4/4, memainkan alat musik kaleng bekas, mengiringi lagu laskar kristus dengan menggunakan kaleng bekas, serta menampilkan permainan alat musik kaleng bekas dengan mengiringi lagu laskar kristus dalam ibadah sekolah minggu. Adapun metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan dengan menggunakan metode pembelajaran yaitu, ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan drill. Hasil penelitian menjelaskan bahwa untuk membangun kreativitas anak sekolah minggu melalui pemanfaatan kaleng bekas, harus melalui dua tahapan siklus. Dimana siklus I anak hanya mampu memainkan kaleng bekas secara mandiri, dengan bantuan dari peneliti baik dalam bentuk verbal maupun fisik. Pada tahap siklus II anak mampu memainkan kaleng bekas secara individu dan berkelompok tanpa bantuan dari peneliti. Maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah anak mampu menguasai ritme 4/4, mampu memainkan alat musik kaleng bekas, mampu mengiringi lagu laskar kristus dengan menggunakan kaleng bekas, dan mampu menampilkan permainan alat musik kaleng bekas dengan mengiringi lagu laskar kristus dalam ibadah sekolah minggu. Used cans are waste of aluminium with a mixture of metals, which are classified as inorganic waste or non-biodegradable waste. The purpose of this study,children are able to play the 4/4 rhythm, play used tin musical Instruments, accompany the song of laskar christ by using used cans, and perform the game ofused tin musical instruments by accompanying the song of laskar christ in Sunday school worship. The method used is an action research method using learning methods, namel, lectures, questions and answers, demonstrations and drills. The results of the study explain that to build the creativity of Sunday school children though ofuse ofused cans, they mustgo through two cycle stage. Where in the first cycle, the child was only able to play used cans independently,with the help ofthe researcher both verbally and physically. At the stage ofthe second cycle, the children were able to play used cans individually and in groups without the help of the researcher. So the conclusions in this study are that children are able to master the 4/4 rhythm, are able to play used tin musical instruments, are able to accompany the laskar christ song using used cans, and areable to perform the game ofuused canned musical instruments to accompany the laskar christ song in Sunday school worship.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | ap sarmita sumule |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 15:09 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 15:09 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2508 |
Actions (login required)
View Item |