Patandean, Rindi Indraswary (2013) Pengaruh Nilai Kesetiaan Iman terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 8 pada Mata Pelajaran PAK di SMP Kristen Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
rindi_hd.doc Download (214kB) |
|
Text
rindi_kp.doc Download (79kB) |
|
Text
rindi_bab_1.doc Download (68kB) |
|
Text
rindi_bab_2.doc Download (317kB) |
|
Text
rindi_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (129kB) | Request a copy |
|
Text
rindi_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (848kB) | Request a copy |
|
Text
rindi_bab_5.doc Download (15kB) |
|
Text
rindi_lp.doc Download (215kB) |
|
Text
rindi_cv.doc Download (8kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Rindi Indraswary Patandean (2013), menyusun skripsi dengan judul: “Pengaruh Nilai Kesetiaan Iman terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAK di SMP Kristen Makale”. Yang diajuhkan kepada Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Toraja. Pemilihan topik ini, dilatar belakangi oleh pengalaman penulis melihat penerapan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam Pendidikan Agama Kristen, yang bertujuan untuk mencapai transformasi nilai-nilai kristiani dalam kehidupan peserta didik untuk mengembangkan pemahaman iman kristiani sesuai dengan pemahaman, tingkat kemampuan serta daya kreativitas masing-masing kurang direspon setiap nara didik Kristen. Sekaitan dengan hal tersebut, penulis ketika melaksanakan Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) dilokasi penelitian yakni SMP Kristen Makale, sambil melalui proses belajar mengajar, penulis dalam pelaksanaan PPL tersebut melihat bahwa semakin dikembangkannya kurikulum yang berbasis nilai-nilai Kristiani, ternyata semakin banyak pula beberapa diantara siswa yang menunjukkan prestasi belajar yang kurang. Hal tersebutlah yang mendorong penulis untuk ingin mengetahui seberapa besar pengaruh terhadap prestasi belajar berhubungan dengan pencapaian transformasi nilai-nilai kristiani yang tertuang dalam salah satu KD yang ketika itu diajarkan oleh penulis yaitu nilai kesetiaan iman, setelah melalui proses pembelajaran aktif. Untuk mendapatkan data sehubungan dengan topik di atas, maka penulis melaksanakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif atau dengan cara membagikan angket, sebagai objek penelitian adalah siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen Makale kelas 8 yang telah dipilih secara acak oleh peneliti dengan menggunakan rumus sebagai berikut: P = £ x 100% N Keterangan: P : Presentase F : Frekuensi N : Jumlah Responden Hasil observasi dan analisis data memberikan gambaran bahwa nilai kesetiaan iman kurang memberi pengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas 8 pada mata pelajaran PAK di SMP Kristen Makale, walaupun tingkat pemahaman mereka tentang nilai kesetiaan iman tinggi namun hal tersebut tidak di ikuti dengan tindakan nyata sebagai wujud pola hidup orang beriman. iv
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 19:44 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 19:44 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/2414 |
Actions (login required)
View Item |