Para'pean, Junita (2015) Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Proses Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Saluptti. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
junita_hd.doc Download (995kB) |
|
Text
junita_kp.doc Download (72kB) |
|
Text
junita_bab_1.doc Download (121kB) |
|
Text
junita_bab_2.doc Download (298kB) |
|
Text
junita_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (99kB) | Request a copy |
|
Text
junita_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (129kB) | Request a copy |
|
Text
junita_bab_5.doc Download (53kB) |
|
Text
junita_dp.doc Download (17kB) |
|
Text
junita_cv.doc Download (6kB) |
Abstract
Junita Para’pean, 20113202, jurusan Pendidikan Agama Kristen (PAK), menyusun skripsi dengan judul Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMA Negeri 1 Saluputti. Judul ini dipilih sebagai bahan untuk meninjau kembali mengapa kompetensi pedagogik tidak dilakukan secara maksimal oleh guru PAK di SMA Negeri 1 Saluputti. Dari judul ini hendak dijelaskan bahwa kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru dalam mengajar. Oleh karena itu peranan guru pendidikan agama Kristen tidak terlepas dari kemampuan mengajar. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kompetensi pedagogik guru PAK dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 1 Saluputti tidak dilaksnakan secara maksimal karena adanya perubahan kurikulum setiap saat yang mempengaruhi cara penyajian materi guru PAK belum maksimal bagi kebutuhan belajar peserta didik, serta salah satu penggunaan metode mengajar guru PAK belum dilakukan secara kreatif, yang mengakibatkan keaktifan peserta didik menurun dalam mengikuti proses belajar mengajar. Beberapa saran yang penulis paparkan yang perlu diperhatikan, diantaranya: Pertama, bagi SMA Negeri 1 Saluputti, secara khusus bagi guru PAK supaya benar-benar mendesain rencana pembelajaran dengan mempertimbangkan keadaan peserta didik, serta mampu mengkolaborasikan metode mengajar dengan baik. Kedua, kepada Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Toraja, sebagai lembaga pendidikan yang menyiapkan pendidik dalam bidang PAK, agar dosen pengampuh mata kuliah Strategi Pembelajaran PAK (SPP), Perencanaan pembelajaran (PerPem), dilaksanakan secara bertahap sehingga menghasilkan pendidik yang benar-benar menguasai kompetensi pedagogik.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | ap sarmita sumule |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 17:15 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 13:34 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1735 |
Actions (login required)
View Item |