Suatu Tinjauan Teologis tentang Pemanfaatan Lingkungan bagi Peningkatan Hasil Belajar PAK di SMP Kristen Sangalla

Mangalla, Damaris (2012) Suatu Tinjauan Teologis tentang Pemanfaatan Lingkungan bagi Peningkatan Hasil Belajar PAK di SMP Kristen Sangalla. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
damaris_hd.doc

Download (1MB)
[img] Text
damaris_kp.doc

Download (52kB)
[img] Text
damaris_bab_1.doc

Download (129kB)
[img] Text
damaris_bab_2.doc

Download (335kB)
[img] Text
damaris_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
damaris_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text
damaris_bab_5.doc

Download (52kB)
[img] Text
damaris_dp.doc

Download (20kB)
[img] Text
damaris_lp.doc

Download (44kB)
[img] Text
damaris_cv.doc

Download (20kB)

Abstract

Damaris Mangalla, 20102987 Suatu Tinjauan Teologis Tentang Pemanfaatan Lingkungan Bagi Peningkatan Hasil Belajar PAK di SMP Kristen Sangalla9 .Dibimbing oleh Bapak Calvin Sholla Rupa>M.Th dan Bapak Setrianto Tarrapa’,M.Pd.k. Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar merupakan bentuk pembelajaran yang berpihak pada pembelajaran melalui penggalian dan penemuan serta keterkaitan antara materi pelajaran. Pada pembelajaran dengan strategi ini guru bertindak sebagai pelatih yaitu membantu siswa dalam menemukan materi belajar, mengintegrasikan pengetahuan. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar telah memberi implikasi dalam memacu peningkatan hasil belajar siswa di SMP Kristen Sangalla’ misalnya dalam memilih tempat belajar, mengunjungi objek wisata, perkunjungan ke jemaat-jemaat dalam bentuk paduan suara. Dengan menggunakan lokasi atau lingkungan yang nyaman itu merupakan suatu cara yang efektif untuk mengumpulkan sumber materi dan dapat dioptimalkan dalam proses belajar mengajar untuk memperkaya bahan dan kegiatan belajar siswa di sekolah. Peningkatan pemahaman guru terhadap pentingnya pemanfaatan lingkungan sebagai salah satu sumber belajar. Data dan informasi yang penulis gunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan teknik wawancara, observasi. Data tersebut diolah menggunakan metode pendekatan deskriptif naratif yaitu data yang diperoleh di lapangan melalui wawancara terhadap 12 orang responden, dipaparkan apa adanya berdasarkan kenyataan yang tegadi di lapangan. Melalui penulisan ini, penulis berharap hendaknya guru di sekolah lebih memanfaatkan lingkungan sebagai salah satu sumber belajar.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: ap sarmita sumule
Date Deposited: 15 Jul 2024 15:07
Last Modified: 26 Jul 2024 14:02
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1714

Actions (login required)

View Item View Item