Ratte, Linda (2022) Pengaruh Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran Agama Kristen terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI di SD 219 Rante' Batan Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
linda_similarity.pdf Download (204kB) |
|
Text
linda_hd.doc Download (309kB) |
|
Text
linda_kp.doc Download (50kB) |
|
Text
linda_bab_1.doc Download (103kB) |
|
Text
linda_bab_2.doc Download (236kB) |
|
Text
linda_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
linda_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text
linda_bab_5.doc Download (10kB) |
|
Text
linda_dp.doc Download (24kB) |
|
Text
linda_dp.doc Download (24kB) |
|
Text
linda_cv.pdf Download (388kB) |
Abstract
ABSTRAK LINDA RATTE. Pengaruh Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Pendidikana Agama Kristen Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vi Sd 219 Ranteba'tan Kecamatan Gandangabatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja. Metode Tanya jawab guru dalam mengajar sangat eratlah kaitannya dengan motivasi belajar siswa, oleh karena itu materi yang disampaikan guru dengan metode Tanya jawab mempengaruhi motivasi belajar bagi siswa, metode Tanya jawab guru baik maka motivasi belajar siswa baik. Namun dari hasil survey dilakukan oleh peneliti yaitu hanya ada 36% saja siswa yang nilainya tuntas, dan 64% siswa nilainya belum tuntas. Hal inilah yang menarik peneliti untuk melakukan suatu penelitian. Adapun rumusan masalah yaitu apakah ada pengaruh dari metode Tanya jawab terhadap motivasi belajar dari Pendidikan Agam Kristen Kelas VI di SD 219 Ranteba'tan Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja Tahun Ajaran 2021/2022. Tujuannya untuk mengetahui adanya pengaruh metode Tanya jawab terhadap motivasi belajar siswa kelas VI SD 219 Ranteba'tan Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I-VI SD 219 Ranteba'tan Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja yang jumlahnya 198 siswa. Adapun teknik yang akan digunakan dalam pengambilan sampel ialah probability sampling yang merupakan stratified sampling dan dari teknik tersebut terpilihlah kelas VI, maka dari sampel penelitian ini yaitu kelas VI yang berjumlah 22 siswa. Kemudian, teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan rumusan korelasi product moment, dan pada taraf signifikan 1% dilanjutkan dengan denga uji t dengan kaidah pengujian: jika thitung > t maka tolak Ho yang berarti signifikan. Setelah data di uji kemudian dianlisis, dan mendapat producy moment r = 0,19 antara metode Tanya jawab dan motivasi dari belajar Pendidikan Agama Kristen yang ditentukan dengan rumus, yaitu: KP = r2 x 100% = 19%. Hal ini berarti metode Tanya jawab memberikan konstribusi terhadap motivasi belajar Pendidika Agama Kristen sebesar 19% san sisanya 18% yang dipengaruhi oleh variabel lain. Kemudian, uji t terhadap thitung = 0,86 dan ttabel = 2,845, atau thitung < thitung maka terima Ho yang Artinya tidak ada pengaruh yang signifikan tentang metode tanya jawab terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Kristen siswa kelas VI 219 Ranteba'tan. Jadi kesimpulannya adalah terdapat korelasi positif tentang metode tanya jawab terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Kristen SD 219 Ranteba'tan Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja sebesar 0.19, dan 19% besarnya pengaruh metode motivasi belajar Pendidikan Agama Kristen SD 219 Ranteba'tan besarnya pengaruh metode terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Kristen SD 219 Ranteba'tan sebesar 19% Kata Kunci; Pengaruh, Metode Tanya Jawab, Motivasi, Pendidikan Agama Kristen ABSTRACT LINDA RATTE. The influence of Q&A methods in the education course of Christianity on increasing student learning motivation in VI 219 Ranteba'Tan, Gandangbatu Sillanan district, Tana Toraja regency. The teachefs Q&A method in teaching is very closely related to the student7s learning motivation, therefore teacher with the Q&A method affects the student7s learning motivation, the teacher's Q&A method is good then student's learning motivation is good. However, from the results of the survey conducted by researchers, there were only 36% of students who completed their grade, and 64% of students who did not complete their grade. This is what attractsresearchers to do a research. The formulation of the problem is whether there is an effect of the Q&A method on the motivation to leam from christin course education class in VI 219 Rante'Batan, Gandangbatu Sillanan district, Tana Toraja regency in the 2021/2022 school year. The purpose is to determine the effect of the Q&A method on the motivation of students learning class VI elementary school 219 Ranteba'Tan, Gandangbatu Sillanan district, Tana Torajaregency for the 2021/2022 school year. The population in this study were all students of grade I-VI elementary school 2019 of Ranteba'Tan, Gandangbatu Sillana district, Tana Toraja regency, 1998 students. The technique to be used in sampling is probability sampling which is a stratified sampling and from this technique class VI is selected, then from the samle of this study, namely class VI which is 22 students. Then, date collection techiques using test methods, questionnaires and documentation. Meanwhile, the date analysis technique used in the formulation of product moment correlation, and at a significant level of 1% was continued with the test with test rules: if ii is, then reject that which means significant. After the date were tested then licensed, and got a producy moment r = 0.19 between the Q&A method and motivation from learning Christian religious education determined by the formula, namely: KP = x 100% = 19%. This means that the Q&a method contributes to the learning motivation of Christian education 18% are influenced by other variables. Then the motivation to lern Christian religious education elementary school 219 Ranteba'Tan is 19%, the test is = 0.86 and = 2.845, or accept which means that there is no significant influence on the question and answer method on the motivation to learn Cristian religious education class VI219 Ranteba'Tan. So the conclusion is that there is a positive correlation about the question and answer method to the motivation to learn Christian education elementary school 219 Ranteba'Tan, Gandangbatu Sillanan regency amounting to 0.19, and 19% of the influence of the motivation method to leam Christian education elementary school 219 Ranteba'tan the influence of the method on. Key words: influences, question and answer method, Buddhist education
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 08:47 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 14:07 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1707 |
Actions (login required)
View Item |