Pendidikan Karakter Lewat Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Siswa Kelas X di SMK Kristen Pelangi Makale

Lolok, Robertus (2013) Pendidikan Karakter Lewat Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Siswa Kelas X di SMK Kristen Pelangi Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
robertus_hd.doc

Download (190kB)
[img] Text
robertus_kp.doc

Download (43kB)
[img] Text
robertus_bab_1.doc

Download (103kB)
[img] Text
robertus_bab_2.doc

Download (576kB)
[img] Text
robertus_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text
robertus_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
robertus_bab_5.doc

Download (155kB)
[img] Text
robertus_dp.doc

Download (31kB)
[img] Text
robertus_lp.doc

Download (994kB)
[img] Text
robertus_cv.doc

Download (31kB)

Abstract

ROBERTUS LOLOK, “20082768” Pendidikan karakter dalam proses pembelajaran kontekstual lewat proses pembelajaran pendidikan Agama Kristen pada siswa kelas X di SMK Kr.Pelangi Makale. Skripsi jurusan Pendidikan Agama Kristen STAKN Toraja,2013. Pembimbing 1: Rannu Sanderan,M.Th, Pembimbing 2: Salmon Pamantung, M.Th. Pembelajaran yang terjadi belakangan ini, lebih banyak berorientasi kepada kognitif saja, tanpa melihat keseluruhan pada diri anak didik. Harusnya didalam proses pembelajaran itu, guru harus mampu menanamkan nilai-nilai Karakter yang dimilki oleh siswa. Oleh sebab itu penulis ingin meniliti masalah yang terjadi dengan menggunakan pembelajaran kontekstual (contextual teachingand learning) untuk membina karakter pada diri nara didik. Pembelajaran kontesktual adalah sebuah pembelajaran yang diciptakan untuk membantu para siswa mengaitkan materi yang diajarkan sesuai dengan kondisi yang dialami sehari-hari atau keadaan mereka, sehingga materi yang di ajarkan, siswa seolah-olah merasa ada di dalamnya. Pembelajaran CTL bertujuan untuk membantu peserta didik memahami materi pelajaran yang sedang mereka pelajari dengan menghubungkan pokok materi pelajaran dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Sejalan dengan tujuan pendidikan karakter dengan pembelajaran CTL yang juga di dalamnya diharapkan dapat membangun nilai-nilai Karakter pada diri peserta didik. Dari hasil penelitian yang diperoleh di lapangan dengan cara pendekatan kualitatif yaitu dengan melakukan Wawancara serta pengamatan terhadap siswa maka didapatkan bahwa ketika dalam proses pembelajaran pendidikan agama Kristen dengan menggunakan pendekatan kontekstual maka ada nilai-nilai karakter yang dapat terbangun. Nilai-nilai karakter itua beberapa diantaranya adalah religius, disiplin, tanggungjawab, toleransi, jujur, peduli lingkungan, peduli sosial. Meskipun didalam pendidikan agama Kristen itu banyak aspek karakter yang telah di kembangkan. Namun jika dalam Prakteknya seorang guru tidak mengusai strategi dan tidak memilih strategi yang tepat dengan materi ajar maka tujuan dari pembelajam CTL itu tidak akan teroptimalkan dengan baik.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 01 Jul 2024 19:01
Last Modified: 26 Jul 2024 15:52
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1600

Actions (login required)

View Item View Item