Peranan Kompetensi Pedagogik Guru PAK Menggunakan Metode Diskusi dalam Proses Belajar Mengajar Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Enrekang

Badu, Djeinie Yenny (2013) Peranan Kompetensi Pedagogik Guru PAK Menggunakan Metode Diskusi dalam Proses Belajar Mengajar Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Enrekang. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
djenie_hd.doc

Download (726kB)
[img] Text
djenie_kp.doc

Download (67kB)
[img] Text
djenie_bab_1.doc

Download (97kB)
[img] Text
djenie_bab_2.doc

Download (436kB)
[img] Text
djenie_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text
djenie_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
djenie_bab_5.doc

Download (54kB)
[img] Text
djenie_dp.doc

Download (14kB)
[img] Text
djenie_lp.doc

Download (164kB)
[img] Text
djenie_cv.doc

Download (22kB)

Abstract

Djeinie Yenny Badu, 2013. Skrispsi ini berjudul “Peranan Kompetensi Pedagogik Guru PAK Dalam Proses Belajar Mengajar Kelas VIII Di SMPN 2 Enrekang” Pembimbing Alfrida L. Membala, M.Pd.K dan Polikarpus Ka’pan, M.Th. Metode diskusi adalah salah satu metode pembelajaran untuk mengajarkan PAK kepada siswa, khususnya siswa kelas VIII di SMPN 2 Enrekang. Dalam metode diskusi ini siswa diajak untuk aktif dalam belajar dengan menyampaikan pendapatnya mengenai materi pelajaran yang diajarkan. Metode diskusi mengajak siswa untuk bekerja sama dan berdemokrasi serta menerima pendapat orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk memberi informasi dan kontribusi kepada guru agama Kristen dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan siswa kelas VIII dan guru mata pelajaran lain dan observasi di lapangan serta melakukan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan sosial. Pendekatan seperti ini dapat memberi pemahaman dan makna pembelajaran PAK. Melihat kemajuan dan peningkatan belajar siswa dan kinerja guru dengan menggunakan metode diskusi, maka peneliti memilih metode diskusi yang efektif digunakan dalam proses pembelajaran, namun metode lain juga efektif tetapi tidak memberi perubahan yang signifikan dalam proses belajar mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 14 Jun 2024 18:09
Last Modified: 29 Jul 2024 09:29
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1481

Actions (login required)

View Item View Item