Kecerdasan Interpersonal: Analisis tentang Peran Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas V Lewat Metode Pembelajaran di SDN 002 To'Katimbang

Pata’dungan, Yafet (2018) Kecerdasan Interpersonal: Analisis tentang Peran Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas V Lewat Metode Pembelajaran di SDN 002 To'Katimbang. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
yafet_hd_w.docx

Download (69kB)
[img] Text
yafet_bab_1_w.docx

Download (17kB)
[img] Text
yafet_bab_2_w.docx

Download (49kB)
[img] Text
yafet_bab_3_w.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB) | Request a copy
[img] Text
yafet_bab_4_w.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB) | Request a copy
[img] Text
yafet_bab_5_w.docx

Download (9kB)
[img] Text
yafet_dp_w.docx

Download (8kB)
[img] Text
yafet_lp_w.docx

Download (74kB)
[img] Text
yafet_cv_w.docx

Download (20kB)

Abstract

Yafet pata’dungan: 20113277 tahun 2018 menyusun skripsi yang beijudul Kecerdasan Interpersonal, dengan subjudul: “Peran Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Iterpersonal Siswa Kelas V Lewat Metode Pembelajaran di SDN 002 To’katimbang”. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa kelas V di SDN 002 To’katimbang. Pembimbing Penulis pada dasarnya mengkaji topik bagaimana peran guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal dan metode yang digunakan dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa. Apakah peran guru dalam proses pembelajaran telah diterapkan sehingga dapat mengembangkan kecerdasan siswa lewat metode pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu dengan mengamati dan melakukan wawancara kepada 2 orang guru kelas V dan 8 orang siswa dengan tujuan mendapatkan informasi tentang peran guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa kelas V lewat metode pembelajaran. Pada dasarnya, peran guru dalam proses belajar mengajar ialah sebagai “Director of Learning” atau sebagai pemimpin. Artinya bahwa setiap guru diharapkan untuk mampu mengarahkan kegiatan belajar siswa agar mencapai keberhasilan belajar. Peran guru ialah sebagai pendidik, sebagai pembimbing, sebagai pengajar, dan sebagai peneijamah. Jadi dalam mengembangkan kecerdasan serta hubungsn interaksi antar siswa, maka guru wajib berperan peran penting di dalamnya, agar suasana pembelajaran semakin harmonis dan tercipta dengan baik

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: S.I.Pust sarmita sumule
Date Deposited: 18 Feb 2024 18:59
Last Modified: 30 Jul 2024 14:08
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/143

Actions (login required)

View Item View Item