Pata’dungan, Yafet (2018) Kecerdasan Interpersonal: Analisis tentang Peran Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas V Lewat Metode Pembelajaran di SDN 002 To'Katimbang. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
yafet_hd_w.docx Download (69kB) |
|
Text
yafet_bab_1_w.docx Download (17kB) |
|
Text
yafet_bab_2_w.docx Download (49kB) |
|
Text
yafet_bab_3_w.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) | Request a copy |
|
Text
yafet_bab_4_w.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) | Request a copy |
|
Text
yafet_bab_5_w.docx Download (9kB) |
|
Text
yafet_dp_w.docx Download (8kB) |
|
Text
yafet_lp_w.docx Download (74kB) |
|
Text
yafet_cv_w.docx Download (20kB) |
Abstract
Yafet pata’dungan: 20113277 tahun 2018 menyusun skripsi yang beijudul Kecerdasan Interpersonal, dengan subjudul: “Peran Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Iterpersonal Siswa Kelas V Lewat Metode Pembelajaran di SDN 002 To’katimbang”. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa kelas V di SDN 002 To’katimbang. Pembimbing Penulis pada dasarnya mengkaji topik bagaimana peran guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal dan metode yang digunakan dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa. Apakah peran guru dalam proses pembelajaran telah diterapkan sehingga dapat mengembangkan kecerdasan siswa lewat metode pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu dengan mengamati dan melakukan wawancara kepada 2 orang guru kelas V dan 8 orang siswa dengan tujuan mendapatkan informasi tentang peran guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa kelas V lewat metode pembelajaran. Pada dasarnya, peran guru dalam proses belajar mengajar ialah sebagai “Director of Learning” atau sebagai pemimpin. Artinya bahwa setiap guru diharapkan untuk mampu mengarahkan kegiatan belajar siswa agar mencapai keberhasilan belajar. Peran guru ialah sebagai pendidik, sebagai pembimbing, sebagai pengajar, dan sebagai peneijamah. Jadi dalam mengembangkan kecerdasan serta hubungsn interaksi antar siswa, maka guru wajib berperan peran penting di dalamnya, agar suasana pembelajaran semakin harmonis dan tercipta dengan baik
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | S.I.Pust sarmita sumule |
Date Deposited: | 18 Feb 2024 18:59 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 14:08 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/143 |
Actions (login required)
View Item |