Harmi, Harmi (2010) Supervisi Pengawas Pendidikan Agama Kristen: suatu Analisis Teologis — Praktis tentang Pengaruh Supervisi Pengawas PAK terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen pada Dinas Pendidikan Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
harmi_hd.doc Download (113kB) |
|
Text
harmi_kp.doc Download (124kB) |
|
Text
harmi_bab_1.doc Download (104kB) |
|
Text
harmi_bab_2.doc Download (523kB) |
|
Text
harmi_bab_3.doc Restricted to Repository staff only Download (102kB) | Request a copy |
|
Text
harmi_bab_4.doc Restricted to Repository staff only Download (561kB) | Request a copy |
|
Text
harmi_bab_5.doc Download (18kB) |
|
Text
harmi_lp.doc Download (176kB) |
|
Text
harmi_cv.doc Download (34kB) |
Abstract
Harmi, 2010 Supervisi Pengawas Pendidikan Agama Kristen, Suatu Analisis Teologi Praktis tentang Pengaruh Supervisi Pengawas PAK terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen pada Dinas Pendidikan Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu. Salah satu kebutuhan mendasar manusia adalah pendidikan baik pendidikan secara formal dan informal maupun non formal. Karena manusia sebagai makhluk rasional diberikan mandat oleh Tuhan untuk menamai segala sesuatu (Kej. 2:19). Pendidikan yang tak kalah penting yaitu Pendidikan Agama Kristen (PAK) yang diajarkan di sekolah. Namun pada akhir-akhir pelaksanaan PAK di sekolah hanya dilaksanakan sekadar memenuhi kebutuhan kurikulum yang diwajibkan oleh pemerintah. Hal ini disebabkan kineija guru agama Kristen di sekolah kurang memahami hakikat PAK di sekolah. Dan salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kinerja guru PAK di sekolah yaitu pelaksanaan supervisi pengawas PAK. Supervisi pengawas PAK bertujuan mengatasi kendala atau masalah yang dialami oleh guru PAK di sekolah yaitu adanya kesenjangan atau kurang sinkronisasi antara persiapan, situasi dan proses pembelajaran PAK di sekolah. Akibat kurangnya supervisi pengawas PAK antara lain guru PAK di sekolah kurang dapat menggali dan menemukan sumber-sumber pembelajaran dan mengembangkan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan pembelajaran PAK bagi siswa, dan pemanfaatan hasil evaluasi belajar. Hal ini mendorong penulis untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh supervisi PAK terhadap kineija guru PAK. Berdasarkan hasil penelitian lapangan bagi guru-guru PAK di sekolah dasar pada lingkup Dinas Pendidikan Kecamatan Walenrang dapat disimpulkan bahwa supervisi pengawas PAK dimensi pengembangan metode pembelajaran PAK, dimensi penemuan dan pengembangan sumber-sumber pembelajaran, dan dimensi pemanfaatan hasil evaluasi belajar memiliki kaitan erat (signifikan) dengan supervisi pengawas PAK. Dan ketiga dimensi termaksud secara simultan memberikan pengaruh positif terhadap kinerja guru PAK di sekolah. Sehingga semakin baik proses supervisi pengawas PAK bagi guru PAK di sekolah maka semakin baik pula kinerja guru PAK di sekolah. Dengan demikian penelitian ini membuktikan bahwa supervisi pengawas PAK memiliki pengaruh terhadap kineija guru Pendidikan Agama Kristen di sekolah dasar pada Dinas Pendidikan Kecamatan Luwu. Keyword: Peningkatan supervisi PAK bagi guru PAK di sekolah guna meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Kristen di Sekolah.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Andarias Manting |
Date Deposited: | 25 May 2024 08:38 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 10:18 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1281 |
Actions (login required)
View Item |