Pelaksanaan Pencapaian Ketuntasan Belajar Pak Melalui Metode Pembelajaran Penemuan pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri I Mengkendek

Palayukan, Yelmi (2014) Pelaksanaan Pencapaian Ketuntasan Belajar Pak Melalui Metode Pembelajaran Penemuan pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri I Mengkendek. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
yelmi_hd.doc

Download (141kB)
[img] Text
yelmi_kp.doc

Download (66kB)
[img] Text
yelmi_bab_1.doc

Download (114kB)
[img] Text
yelmi_bab_2.doc

Download (300kB)
[img] Text
yelmi_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
yelmi_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
yelmi_bab_5.doc

Download (13kB)
[img] Text
yelmi_dp.doc

Download (26kB)
[img] Text
yelmi_lp.doc

Download (850kB)
[img] Text
yelmi_cv.doc

Download (8kB)

Abstract

Yelmi Palayukan, (20103127) tahun 2014 menyusun skripsi dengan judul “Pelaksanaan Pencapaian Ketuntasan Belajar Pak Melalui Metode PembelajaranvPenemuan Pada Siswa Kelas IX Di SMP Negeri I Mengkendek”. Di bawah bimbingan Yan Malino (Pembimbing I) dan Ismail Banne Ringgi’ (Pembimbing II).Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis ketuntasan belajar PAK dengan diterapkannya metode pembelajaran penemuan pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Mengkendek Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, dan faktor pemilihan metode dalam proses pembelajaran. Seorang guru yang kreatif tidak akan menetapkan satu atau dua metode saja didalam kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran penemuan adalah suatu metode pembelajaran untuk mengembangkan pengetahuan siswa secara individual bukan menemukan dalam artian yang benar-benar baru tetapi bagaiman siswa memecahkan masalah dalam suatu proses pembelajaran. Setelah diadakan penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas ditemukan bahwa strategi dalam pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran penemuan membuat siswa untuk termotivasi dan menggali pembelajaran yang berjalan. Dari hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran penemuan dapat mengoptimalkan pencapaian ketuntasan belajar siswa terutama dalam PAK.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 25 May 2024 06:40
Last Modified: 29 Jul 2024 10:25
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1275

Actions (login required)

View Item View Item