Pendidikan Agama Kristen sebagai Praksis: Analisis Model Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) Berbasis Lingkungan bagi Pertumbuhan Spiritualitas Siswa Kelas VIII SMPN 3 Mengkendek

Tiku, Yohan Bara (2014) Pendidikan Agama Kristen sebagai Praksis: Analisis Model Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) Berbasis Lingkungan bagi Pertumbuhan Spiritualitas Siswa Kelas VIII SMPN 3 Mengkendek. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
yohan_hd.doc

Download (150kB)
[img] Text
yohan_kp.doc

Download (64kB)
[img] Text
yohan_bab_1.doc

Download (112kB)
[img] Text
yohan_bab_2.doc

Download (294kB)
[img] Text
yohan_bab_3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text
yohan_bab_4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
yohan_bab_5.doc

Download (61kB)
[img] Text
yohan_dp.doc

Download (17kB)
[img] Text
yohan_lp.doc

Download (89kB)
[img] Text
yohan_cv.doc

Download (36kB)

Abstract

YOHAN BARA TIKU, 20092940, menyusun skripsi ini dengan judul “Pendidikan Agama Kristen Sebagai Praksis" dengan sub judul Analisis Model Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Lingkungan bagi Pertumbuhan Spiritualitas Siswa Kelas VIII SMPN 3 Mengkendek. Skripsis Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Toraja, jurusan Teologi Pendidikan Agama Krisren. Dosen pembimbing I: Dr. I Made Suardana; pembimbing IJ: Sanda Mongan M. Pd.K Latar belakang penulis mengangkat topik ini, berangkat dari keprihatinan menyaksikan masalah PAK di sekolah yang telah kehilangan sentuhan praksisnya. Artinya siswa-siswi yang selama ini dibekali nilai-nilai Kristen lewat pembelajaran di dalam ruangan kelas belum nampak dalam praktek kehidupan nyata siswa-siswi. Masalah tersebut, menyisahkan kesan bahwa tujuan pendidikan agama Kristen dalam menumbuhkan dimensi spiritualitas siswa belum terwujud. Banyak hal yang menyebabkan sehingga tujuan tersebut belum terwujud, salah satunya adalah ketidaksesuaian antara model pembelajaran yang selama ini diterapkan terhadap materi pelajaran yang ada. Salah satu cara untuk membuktikan ketidak sesuaian antara model pembelajaran yang diterapkan dapat dilihat dari kurangnya semangat belajar dan ketidaksesuaian antara sikap dan perilaku siswa-siswi dengan teori-teori kristiani yang selama ini telah mereka dapatkan. Oleh sebab itu, lewat skripsi ini penulis hadir memberi ide atau paradigma berpikir baru dengan sebuah harapan besar bahwa semoga dengan model pembelajaran berbasis lingkungan yang mengarahkan siswa untuk mendengarkan, mengetahui, merasakan dan melakukan isi, pesan dan makna pembelajaran dapat mengatasi masalah kemerosotan dimensi spiritualitas siswa. Lewat teori dan riset penelitian yang penulis lakukan membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis lingkungan memberi pengaruh yang positif dalam membelajarkan siswa-siswi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis lingkungan relevan meningkatkan minat belajar dan menumbuhkan spiritualitas siswa-siswi. Pegetahuan bukan hanya konsep melainkan ia adalah sebuah realitas yan harus nampak dalam praksis kehidupan manusia di lingkungannya.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 25 May 2024 06:38
Last Modified: 29 Jul 2024 10:22
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1274

Actions (login required)

View Item View Item