Bubun, Asryanti (2021) Analisis Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Menghadapi Diferensiasi Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 3 Makale. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
Text
asryanti_similarity.docx Download (47kB) |
|
Text
asryanti_hd.docx Download (112kB) |
|
Text
asryanti_kp.docx Download (16kB) |
|
Text
asryanti_bab_1.docx Download (23kB) |
|
Text
asryanti_bab_2.docx Download (59kB) |
|
Text
asryanti_bab_3.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) | Request a copy |
|
Text
asryanti_bab_4.docx Restricted to Repository staff only Download (30kB) | Request a copy |
|
Text
asryanti_bab_5.docx Download (8kB) |
|
Text
asryanti_dp.docx Download (11kB) |
|
Text
asryanti_lp.docx Download (10kB) |
|
Text
asryanti_cv.docx Download (18kB) |
Abstract
Asryanti Bubun (1020175291) menyusun skripsi dengan judul “Analisis Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Menghadapi Diferensiasi Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 3 MakalePembimbing I dalam penyusunan ini yaitu Alfrida Lembang, M.Pd.K dan Pembimbing II yaitu Ice Novita Triana Loion, S.S.,M.A. Tulisan ini dilatarbelakangi masalah yang ditemukan di lapangan di mana peserta didik kurang memahami bahkan tidak mengerti materi yang diajarkan oleh guru karena hanya menerapkan strategi pembelajaran yang membekap satu gaya saja. Sehingga peserta didik yang memiliki gaya belajar yang tidak sesuai dengan strategi diterapkan dapat menimbulkan rasa malas, bosan, mengantuk bahkan ada peserta didik melakukan kegiatan-kegiatan diluar proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Gaya belajar adalah cara yang konsisten untuk dilakukan peserta didik untuk menangkap suatu informasi, cara mengingat, berfikir, dan memecahkkan suatu masalah. Ada tiga gaya belajar yaitu Visual, Auditori dan Kinestetik. Dari beragam gaya belajar guru diupayakan untuk mengatasi perbedaan gaya yang dimiliki peserta didik dengan menggunakan strategi mengajar yang bervariasi. Untuk mendapatkan data yang akurat maka jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Untuk teknik analisis data penulis menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa guru belum menggunakan strategi yang dapat membekap diferensiasi gaya belajar peserta didik di kelas. Guru mengajar dalam kelas masih didominasi metode ceramah, sehingga peserta didik belum cukup memahami materi yang disampaikan oleh guru karena metode mengajar yang diterapkan tidak sesuai gaya belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | mahasiswa mahasiswa |
Date Deposited: | 09 May 2024 07:36 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 11:32 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1211 |
Actions (login required)
View Item |