Kurikulum Pembinaan PPGT: Analisis Implementasi Materi Kurikulum Pembinaan Tahap Bersemi di Gereja Toraja Jemaat Alfa Omega Tarongko Klasis Makale Utara

Sandalalong, Oktavianto (2021) Kurikulum Pembinaan PPGT: Analisis Implementasi Materi Kurikulum Pembinaan Tahap Bersemi di Gereja Toraja Jemaat Alfa Omega Tarongko Klasis Makale Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
oktovianto_similarity.docx

Download (32kB)
[img] Text
oktovianto_hd.docx

Download (90kB)
[img] Text
oktovianto_kp.docx

Download (18kB)
[img] Text
oktovianto_bab_1.docx

Download (27kB)
[img] Text
oktovianto_bab_2.docx

Download (48kB)
[img] Text
oktovianto_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text
oktovianto_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text
oktovianto_bab_5.docx

Download (8kB)
[img] Text
oktovianto_dp.docx

Download (9kB)
[img] Text
oktovianto_lp.docx

Download (5kB)
[img] Text
oktovianto_cv.docx

Download (12kB)

Abstract

Oktavianto Sandalalong (1020175373). Tahun 2021. Judul Skripsi Kurikulum Pembinaan PPGT, dengan Sub Judul: “Analisis Implementasi Kurikulum Pembinaan PPGT tahap bersemi di Gereja Toraja Jemaat Alfa Omega Tarongko”. Di bimbingan Merry Adeng M,Pd selaku pembimbing satu, dan Roby Marrung, M.Th selaku pembimbing dua. Kata Kunci : Kurikulum Pembinaan PPGT Judul ini dipilih karena dalam lingkup pelayanan Gereja Toraja Jemaat Alfa Omega Tarongko kurikulum pembinaan PPGT tahap bersemi yang telah dilaksanakan sejauh ini materi kurikulum pembinaan tidaklah diimplementasikan dengan baik. Kurikulum pembinaan PPGT merupakan salah satu cara yang digunakan untuk memperlengkapi warga jemaat dalam hal ini PPGT dan kurikulum ini dilaksanakan secara bertahap mulai tahap bersemi, tahap berakar, tahap bertumbuh, tahap berbuah, dan berbuah banyak. Kurikulum ini saling berkaitan satu sama lain dan kurikulum pembinaan tahap bersemi merupakan kurikulum dasar yang harus dipahami oleh setiap anggota PPGT. Untuk membuktikan bahwa PPGT memahami materi kurikulum tersebut, maka harus dibuktikan lewat praktek dalam hal ini implementasi dari materi yang telah didapatkan. Penulis membahas topik ini dengan tujuan untuk menganalisis penyebab mengapa PPGT tidak mampu mengimplementasikan materi kurikulum pembinaan tahap bersemi di Gereja Toraja Jemaat Alfa Omega Tarongko Klasis Makale Utara. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi untuk memperoleh data yang valid. Dengan objek penelitian yaitu pendeta jemaat, pengurus klasis dan juga para lulusan yang telah mengikuti kurikulum pembinaan PPGT tahap bersemi, yang menurut penulis dapat memberikan informasi seseuai dengan masalah yang penulis kaji. Pada akhir tulisan ini penulis menyimpulkan bahwa para alumni pelatihan Kurikulum pembinaan PPGT tahap Bersemi di Gereja Toraja Jemaat Alfa Omega Tarongko belum sepenuhnya mengimplementasikan materi yang telah di dapat pada kurikulum pembinaan tahap bersemi. Hal itu dikarenakan PPGT yang telah mengikuti tidak memaknai dengan baik pentingnya kurikulum pembinaan tahap bersemi, bahkan dikarenakan pembawa materi dalam pembinaan terlalu fokusnya pada materi saja. Selain itu, juga dikarenakan kurangnya pengontrolan; pendampingan dari pengurus. Pada hal, kurikulum pembinaan PPGT tahap bersemi sangat penting untuk diimplementasikan/diterapakan dalam kehidupan di dunia ini.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: mahasiswa mahasiswa
Date Deposited: 27 Apr 2024 05:16
Last Modified: 29 Jul 2024 13:54
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1145

Actions (login required)

View Item View Item