Active Learning: Pengaruh Pembelajaran Aktif terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas VII di SMPN 5 Mengkendek

Sutrisno, Sutrisno (2013) Active Learning: Pengaruh Pembelajaran Aktif terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas VII di SMPN 5 Mengkendek. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
sutrisno_hd.docx

Download (59kB)
[img] Text
sutrisno_kp.docx

Download (30kB)
[img] Text
sutrisno_bab_1.docx

Download (16kB)
[img] Text
sutrisno_bab_2.docx

Download (101kB)
[img] Text
sutrisno_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text
sutrisno_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text
sutrisno_bab_5.docx

Download (17kB)
[img] Text
sutrisno_lp.docx

Download (160kB)
[img] Text
sutrisno_cv.docx

Download (19kB)

Abstract

Sutrisno. 2012. Judul: Active Learning. Sub judul: Pengaruh Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas VII di SMPN 5 Mengkendek. Dosen pembimbing Alfrida L. Membala, M. Pd. K. dan Salmon Pamantung, M. Th. Kegiatan belajar mengajar hendaknya memberikan kesempatan bagi siswa untuk melakukan hal-hal secara lancar dan termotivasi. Suasana belajar yang diciptakan guru harus melibatkan siswa aktif dan kreatif secara optimal agar mereka berhasil dalam pembelajaran, baik dari aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Keberhasilan ini dapat diukur dengan melihat sejumlah indikator yaitu anak didik menguasai bahan pengajaran yang telah dipelajarinya, anak didik terampil memecahkan masalah yang dihadapinya, berwawasan dan berperilaku yang baik dan benar, kesediaan anak didik untuk menerima pendapat orang lain. Namun ada beberapa hal yang menyebabkan proses pembelajaran tidak maksimal, seperti tidak diberlakukannya pembelajaran aktif. Hal ini jelas tergambar dari aktifitas anak didik yang bermacam- macam ketika proses pembelajaran sedang berlangsung, seperti mengantuk, keluar masuk kelas saat pembelajaran berlangsung, menyontek, tidak antusias dalam mengikuti pelajaran. Dengan keadaan seperti itu, maka ini akan berdampak pada keadaan anak didik yang nantinya akan terhambat untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Melihat hal ini, maka guru-guru berinisiatif untuk melaksanakan strategi yang dapat membuat anak didik agar terlibat secara aktif dalam interaksi pembelajaran, sehingga diterapkanlah strategi pembelajaran aktif yang kontribusinya lebih kepada melibatkan anak didik untuk belajar secara aktif, kreatif dan efisien. Sekiranya hal tersebut dapat memotivasi mereka dan membuat mereka untuk lebih semangat dalam menerima materi demi materi dalam proses belajar-mengajar. SMPN 5 Mengkendek juga melaksanakan kegiatan ini, secara khusus dalam bidang pendidikan agama kristen namun belum maksimal sehingga perlu diteliti lebih lanjut tentang bagaimana pengaruh pembelajaran aktif terhadap hasil belajar PAK kelas VII di SMPN 5 Mengkendek. Karena itu, metode yang cocok digunakan adalah metode noneksperiment asosiatif dengan pendekatan kauntitatif. Setelah diadakan penelitian dengan teknik angket ditemukan bahwa strategi dalam pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran aktif merupakan hal yang disukai dan membuat mereka termotivasi untuk mengikuti pelajaran agama. Hanya saja, terkadang hal ini dihambat oleh kelengkapan dari media dan alat pembelajaran yang tidak cukup. Dari hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran aktif dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa sangat berpengaruh sehingga perlu dimaksimalkan oleh SMPN 5 Mengkendek maupun sekolah- sekolah lain yang melaksanakan pembelajaran aktif.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Andarias Manting
Date Deposited: 18 Apr 2024 10:40
Last Modified: 29 Jul 2024 14:13
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1098

Actions (login required)

View Item View Item