Analisis Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Peningkatan Kualitas Lingkungan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Nosu

Mardayanti, Mardayanti (2022) Analisis Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Peningkatan Kualitas Lingkungan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Nosu. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
mardayanti_hd.docx

Download (110kB)
[img] Text
mardayanti_kp.docx

Download (12kB)
[img] Text
mardayanti_bab_1.docx

Download (10kB)
[img] Text
mardayanti_bab_2.docx

Download (29kB)
[img] Text
mardayanti_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text
mardayanti_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text
mardayanti_dp.docx

Download (8kB)
[img] Text
mardayanti_bab_5.docx

Download (7kB)
[img] Text
mardayanti_lp.docx

Download (331kB)
[img] Text
mardayanti_cv.docx

Download (17kB)

Abstract

Mardayanti, 1020175512 menyusun skripsi ini dengan judul "Analisis Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Peningkatan Kualitas Lingkungan Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Nosu. Penulis mengangkat judul ini karena lingkungan belajar yang ada di SMP Negeri satu Nosu yang menjadi tempat masyarakat sekitar menggembalakan ternak peliharaan mereka karena lingkungan sekolah yang tidak diperhatikan dan dirawat dengan baik mulai dari halaman yang ditumbuhi rumput Uar, pagar yang rusak dan tidak diperbaiki yang membuat masyarakat dengan mudah masuk membawa ternak peliharaan mereka dan mengotori lingkungan sekolah, hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas lingkungan sekolah dan juga membuat motivasi siswa menurun. Kepala sekolah sebagai pemimpin harus menjalankan perannya tetapi malah mengabaikan masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui peningkatan kualitas lingkungan belajar siswa di SMP Negeri 1 Nosu. Yang membahas tentang peran kepala sekolah, motivasi belajar dan lingkungan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang perolehan data melalui observasi, kajian pustaka dan penelitian lapangan. Setelah penulis melakukan penelitian maka, ada empat peran kepala sekolah yang telah dilaksanakan sehingga lingkungan belajar siswa mengalami peningkatan sehingga motivasi belajar siswa dapat meningkat. Keempat peran tersebut yaitu peran sebagai educator atau pendidik, sebagai leader, sebagai inovator dan peran kepala sekolah sebagai motivator. Kata Kunci: Kepala Sekolah, Motivasi, Lingkungan Belajar.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Andarias Manting
Date Deposited: 08 Apr 2024 19:53
Last Modified: 29 Jul 2024 14:48
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1033

Actions (login required)

View Item View Item