Hubungan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen dengan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Menengah Kecamatan Rantepao.

Masiku, Seber Rante (2012) Hubungan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen dengan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Menengah Kecamatan Rantepao. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

[img] Text
seber_hd.docx

Download (65kB)
[img] Text
seber_kp.docx

Download (12kB)
[img] Text
seber_bab_1.docx

Download (13kB)
[img] Text
seber_bab_2.docx

Download (45kB)
[img] Text
seber_bab_3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text
seber_bab_4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text
seber_bab_5.docx

Download (7kB)
[img] Text
seber_dp.docx

Download (7kB)
[img] Text
seber_lp.docx

Download (224kB)
[img] Text
seber_cv.docx

Download (15kB)

Abstract

Seber Rante Masiku. Nirm 20072629 dengan Judul skripsi: “Hubungan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen dengan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Di Sekolah Menengah Kecamatan Rantepao”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara profesionalisme guru PAK dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas di Sekolah menengah Kecamatan Rantepao di bawah bimbingan bapak Setrianto Tarrapa’ M.Pd.K dengan bapak Frans Paillin Rumbi M.Th. Penulis mengangkat topik ini karena penulis melihat bahwa guru merupakan salah satu faktor penentu dalam mencapai tujuan pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, guru dituntut untuk profesional dan berkualitas. Guru yang profesional adalah guru yang memiliki kualifikasi pendidikan dan memiliki tanggung jawab penuh dalam tugasnya, memiliki keterampilan, serta memiliki keinginan untuk tenis berupaya mengembangkan profesinya melalui perbaikan kinerja. Upaya perbaikan kinerja dalam, mengembangkan profesi dapat dilakukan melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas. Guru yang profesional akan menyadari bahwa perlu untuk menciptakan suasana baru dalam kelas, mampu mempelajari kondisi kelasnya dengan cepat dan berusaha melakukan perbaikan untuk meningkatkan kemampuan diri yang lebih baik. Namun realitas yang teijadi bahwa keinginan guru untuk melaksanakan upaya perbaikan belum secara maksimal dilakukan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan angket. Objek penelitian adalah guru agama Kristen yang ada disekolah menengah kecamatan Rantepao. Hasil penelitian menyatakan bahwa guru pendidikan agama Kristen di sekolah menengah kecamatan Rantepao telah dinyatakan profesional yang ditandai dengan sertifikasi namun pada kenyataannya guru yang telah sertifikasi belum memenuhi syarat yang maksimal yaitu melakukan penelitian tindakan kelas dengan baik. Dari karya ilmiah ini diharapkan dapat menolong bagi guru-guru agama Kristen untuk senantiasa memiliki keinginan untuk terus mengembangkan profesinya dalam upaya perbaikan kinerja melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Andarias Manting
Date Deposited: 07 Apr 2024 19:36
Last Modified: 29 Jul 2024 14:42
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item View Item