Analisis Strategi Pemasaran Usaha Kerajinan Tradisional Pa’tannun di Lembang Kole Sawangan Kabupaten Tana Toraja

Allo, Sirawanti Rombe (2025) Analisis Strategi Pemasaran Usaha Kerajinan Tradisional Pa’tannun di Lembang Kole Sawangan Kabupaten Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
sirawanti_skpp.pdf

Download (58kB)
[img] Text
sirawanti_hd.pdf

Download (296kB)
[img] Text
sirawanti_bab_1.pdf

Download (533kB)
[img] Text
sirawanti_bab_2.pdf

Download (794kB)
[img] Text
sirawanti_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text
sirawanti_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text
sirawanti_bab_5.pdf

Download (523kB)
[img] Text
sirawanti_dp.pdf

Download (443kB)
[img] Text
sirawanti_lp.pdf

Download (536kB)
[img] Text
sirawanti_lp2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
sirawanti_cv.pdf

Download (327kB)

Abstract

Sirawanti Rombe Allo (3020218228), dengan judul skripsi "Analisis Strategi Pemasaran Usaha Kerajinan Tradisional Pa'tannun di Lembang Kole Sawangan". Pembimbing I Bapak Dr. Amos Susanto, M.Th. Pembimbing II Bapak Markus Sakke Pauranan, S.E, M.Ag. Pa'tannun merupakan kerajinan tenun tradisional khas Toraja yang memiliki nilai budaya tinggi namun menghadapi tantangan pemasaran di era modern. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pemasaran kerajinan tradisional Pa'tannun di Lembang Kole Sawangan menggunakan pendekatan STP (Segmentation, Targeting, Positioning). Metode kualitatif deskriptif digunakan dengan informan pengrajin dan konsumen. Hasil menunjukkan segmentasi pasar terbatas pada konsumen lokal dan non-lokal berusia 30+ tahun dengan preferensi motif paruki dan pa'bintik. Target pasar difokuskan pada masyarakat lokal dengan diferensiasi harga, namun pemasaran masih mengandalkan komunikasi dari mulut ke mulut. Posisi Produk berhasil dibangun sebagai produk berkualitas superior dengan kombinasi warna indah dan benang ekstra, meskipun konsistensi kualitas masih menjadi tantangan. Strategi STP belum optimal dalam mengeksplorasi potensi pasar yang lebih luas. Kata Kunci : Pa'tannun, Strategi Pemasaran, STP, Kerajinan Tradisional, Toraja.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 22 Jul 2025 10:26
Last Modified: 22 Jul 2025 10:26
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4650

Actions (login required)

View Item View Item