Pengaruh Kompetensi Guru Agama Kristen terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kristen di SMA Negeri I Tomoni Kabupaten Luwu Timur

Jariah, Jariah (2014) Pengaruh Kompetensi Guru Agama Kristen terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kristen di SMA Negeri I Tomoni Kabupaten Luwu Timur. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
jariah_hd.pdf

Download (249kB)
[img] Text
jariah_kp.pdf

Download (166kB)
[img] Text
jariah_bab_1.pdf

Download (405kB)
[img] Text
jariah_bab_2.pdf

Download (995kB)
[img] Text
jariah_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text
jariah_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
jariah_bab_5.pdf

Download (23kB)
[img] Text
jariah_dp.pdf

Download (166kB)
[img] Text
jariah_lp.pdf

Download (303kB)
[img] Text
jariah_cv.pdf

Download (34kB)

Abstract

Jariah, 2014 menyusun Tesis dengan judul Pengaruh Kompetensi Guru Agama Kristen terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kristen di SMA Negeri I Tomoni Kabupaten Luwu Timur. Judul ini dipilih karena guru Pendidikan Agama Kristen memiliki pengaruh yang cukup besar dalam membantu siswa untuk memiliki minat belajar. Berdasarkan undang-undang bahwa guru adalah pekeijaan profesional yang harus melalui pendidikan profesi dan harus pula memiliki kompetensi. Dalam penelitian ini akan dikukur secara kuantitatif bagaimana pengaruh kompetensi guru PAK terhadap minat belajar peserta didik Kristen di SMA Negeri 1 Tomoni dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Hipotesa penelitian sebagai berikut: bahwa pemahaman guru PAK tentang kompetensi guru berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar peserta didik Kristen di SMA Negeri I Tomoni Kabupaten Luwu Timur. Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh peneliti dapat di simpulkan bahwa Kompetensi Guru PAK (X) signifikan memengaruhi Minat Belajar siswa Kristen di SMA Negeri I Tomoni, Luwu Timur (Y) akan mengalami kenaikan sebesar 0,548 kali dengan asumsi variabel indipenden lainnya tetap. Koefisiensi bernilai positif artinya teijadi hubungan positif antara Kompetensi Guru PAK dengan Minat Belajar SMA Negeri I Tomoni, Luwu Timur Pada analisis determinasi didapatkan sumbangan X terhdap Y sebesar 4,98%. Hasil penelitian ini memberikan informasi yang sangat penting bagi pengembangan Kompetensi Guru PAK yang dilakukan selama ini berdampak pada pembentukan Minat Belajar SMA Negeri I Tomoni, Luwu Timur Keb. Luwu Timur. Perlu upaya untuk meningkatkan pembinaan Kompetensi Guru PAK demi peningkatan Minat Belajar SMA Negeri I Tomoni, Luwu Timur Keb. Luwu Timur yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 16 Feb 2025 18:20
Last Modified: 16 Feb 2025 18:20
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4406

Actions (login required)

View Item View Item