Analisis Kristis Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Taman Kanak-Kanak (TK) Sehati Sampean

Malolok, Yulia Siama (2020) Analisis Kristis Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Taman Kanak-Kanak (TK) Sehati Sampean. Masters thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
yulia_skpp.pdf

Download (29kB)
[img] Text
yulia_hd.pdf

Download (246kB)
[img] Text
yulia_kp.pdf

Download (81kB)
[img] Text
yulia_bab_1.pdf

Download (442kB)
[img] Text
yulia_bab_2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
yulia_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
yulia_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
yulia_bab_5.pdf

Download (87kB)
[img] Text
yulia_bab_5.pdf

Download (87kB)
[img] Text
yulia_dp.pdf

Download (60kB)

Abstract

viii ABSTRAK Karya tulis ini beijudul “ Analisis Kristis Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di TK Sehati Sampean”. Kajian ini dilatarbelakangi oleh munculnya indikasi bahwa salah satu penyebab rendahnya kualitas pendidikan saat ini adalah pengelolaan pendidikan yang kurang memenuhi standar nasional. Secara khusus Pendidikan Anak Usia Dini di kecamatan Mengkendek saat ini begitu menjamur hingga tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan semakin meningkat. TK Sehati Sampean merupakan salah satu dari sekian banyaknya PAUD yang ada di Kecamatan Mengkendek yang mengalami penurunan dalam hal mutu pendidikan hal itu tergambar dari kurangnya minat masyarakat bahkan beralih ke sekolah PAUD yang lain dan juga kompetensi lulusan yang lebih rendah dibanding dengan lulusan sekolah yang lain. Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dan teknik analisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu tahap reduksi data, display data dan conclusion. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen Pengelolaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di TK Sehati sampean belum berjalan secara optimal yaitu 1). perencanaan tidak dilaksanakan dengan optimal yang ditunjukkan melalui perumusan tujuan yang tidak mengarah pada sesuatu yang dapat dicapai yang bersifat realistis; tidak optimal dalam melakukan analisis internal dan eksternal yang berakibat tidak terjadi sinergi tas antara visi misi dengan analisis SWOT; 2). Pelaksanakan pengelolaan manajemen belum otimal yang meliputi kepala sekolah tidak menentukan kebijakan yang tepat dalam meningkatkan mutu; motivasi guru bani sebatas memberi ruang mengikuti pelatihan; alokasi sumber daya manusia yang tidak sesuai kualifikasi PAUD dengan menetapkan guru bantu yang berkualifikasi umum, 3). Evaluasi kontrol belum dilaksanakan dengan maksimal karena keterbatasan kepala sekolah dan evaluasi eksternal tidak dilakukan secara kontinu. Implikasi dari semuanya adalah mutu pendikan tidak meningkat dengan signifikan. Kata kunci: Manajemen, Pendidikan, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi. ABSTRACT The thesis entitled "A Christian Analysis of Early Childhood Education Management in Sehati Sampean Kindergarten" is motivated by indications that one of the causes of the low quality of education is the management of education that does not meet national standards. Early Childhood Education in the district shortens so much that it cannot be denied that competition is increasing. Sehati Sampean Kindergarten is one of the PAUDs in the region of Mengkendek that has experienced a decline in the quality of education. This is reflected in the lack of community interest and tends to choose other PAUD because of lower competency of graduates compared to other school graduates. These problems are examined using qualitative research methods with data collection techniques through observation and interviews and analysis techniques using the Miles and Huberman models. The research phase includes the stage of data reduction, data display and conclusions. Findings of the results of the study indicate that management in improving the quality of education in the kindergarten Sehati Sampean has not run optimally, namely 1). planning is not implemented optimally as noted in the formulation of goals that do not lead to something that can be achieved that is realistic; not optimal in conducting internal and external analysis which results in no synergy between vision and mission with SWOT analysis; 2). Implementation of management is not optimal which includes the principal does not determine the right policies in improving quality; teacher motivation is only limited to providing space for training; allocation of human resources that are not following PAUD qualifications by establishing generally qualified teacher assistants, 3). Control evaluation has not been carried out to the maximum because of the limitations of the principal, and external assessment is not carried out continuously. The implication of this is the quality of education does not increase significantly. Keywords: Management, Education, Planning, Implementation, Evaluation.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 14 Feb 2025 13:18
Last Modified: 14 Feb 2025 13:18
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4381

Actions (login required)

View Item View Item