Peranan Penataan Ruang Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMAN 1 Kesu’, Toraja Utara

Pasalli, Kasia (2014) Peranan Penataan Ruang Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMAN 1 Kesu’, Toraja Utara. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
kasia_hd.pdf

Download (579kB)
[img] Text
kasia_kp.pdf

Download (405kB)
[img] Text
kasia_bab_1.pdf

Download (479kB)
[img] Text
kasia_bab_2.pdf

Download (883kB)
[img] Text
kasia_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text
kasia_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
kasia_bab_5.pdf

Download (270kB)
[img] Text
kasia_dp.pdf

Download (376kB)
[img] Text
kasia_cv.pdf

Download (260kB)

Abstract

KASIA PASALLI, 20092897, 2014 menyusun skripsi dengan judul “Peranan Penataan Ruang Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMAN 1 Kesu’, Toraja Utara”. Melihat zaman sekarang yang semakin modem dengan berbagai fasilitas canggihnya yang memberikan banyak tawaran yang mampu memikat perhatian para siswa untuk itu sebagai tenaga pendidik harus peka melihat kondisi itu dan berusaha mengatasi masalah tersebut melalui penciptaan iklim yang nyaman dan menyenangkan di lingkungan sekolah secara khusus dalam mangan kelas. Penciptaan kondisi kelas yang nyaman dan menyenangkan akan mampu menarik. perhatian siswa untuk selalu mendambakan suasana atau kondisi kelas. Dalam penelitian ini, Penulis menggunakan pendekatan kualitatif yakni pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa salah satu strategi yang efektif digunakan pada proses belajar mengajar di SMAN 1 Kesu’ adalah penataan kelas karena dapat meningkatkan minat belajar siswa, adapun minat yang dimaksud disini adalah ketika siswa belajar dalam kelas yang ditata ada ketertarikan bagi siswa untuk datang kesekolah, kondisi belajar siswa nyaman dan menyenangkan, tidak membosankan dan memotivasi siswa untuk belajar namun jika kelas tidak ditata kesannya mereka bosan, mengantuk, malas ke sekolah dan minat untuk belajar menurun. Hal tersebut terjadi karena dengan menata kelas dalam proses pembelajaran siswa akan merasa senang dan nyaman sehingga minat belajar siswapun tinggi dan apa yang menjadi tujuan pembelajaran akan tercapai. Di akhir skripsi ini, penulis menyimpulkan bahwa penataan kelas merupakan strategi yang efektif digunakan dalam proses belajar mengajar kerena melalui penataan yang efektif dapat meningkatkan minat belajar siswa. Namun penetaan kelas bukanlah satu-satunya strategi yang mempengaruhi minat belajar siswa untuk itu guru harus peka melihat kondisi belajar siswa dan menemukan faktor yang mempengaruhi serta mencari solusi terbaik sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik dan membawa hasil yang baik pula.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 01 Feb 2025 13:56
Last Modified: 01 Feb 2025 13:56
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4252

Actions (login required)

View Item View Item