Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Anak Uisa Dini (PAUD): Analisis tentang Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Lembang Marante Kecamatan Sopai

Datu, Irna Torro (2017) Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Anak Uisa Dini (PAUD): Analisis tentang Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Lembang Marante Kecamatan Sopai. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
irna_hd.pdf

Download (559kB)
[img] Text
irna_kp.pdf

Download (73kB)
[img] Text
irna_bab_1.pdf

Download (396kB)
[img] Text
irna_bab_2.pdf

Download (676kB)
[img] Text
irna_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text
irna_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
irna_bab_5.pdf

Download (44kB)
[img] Text
irna_dp.pdf

Download (52kB)
[img] Text
irna_lp.pdf

Download (366kB)
[img] Text
irna_cv.pdf

Download (27kB)

Abstract

Ima Torro Datu, 20133708, jurusan Pendidikan Agama Kristen (PAK), menyusun skripsi dengan judul Analisis Tentang Kompetensi Pedagogik Guru PAUD Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAUD Di Lembang Marante Kecamatan Sopai Judul ini dipilih sebagai bahan untuk meninjau kembali mengapa Kompetensi Pedagogik tidak dilakukan secara maksimal oleh guru PAUD di Lembang Marante Kecamatan Sopai. Dari judul ini hendak dijelaskan bahwa kompetensi Pedagogik adalah kemampuan guru dalam mengajar, pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Oleh karena itu peran seorang guru tidak terlepas dari kemampuan mengajar secara khusus guru PAUD. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Berdasarkan analisis dalam pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik pada guru PAUD masih kurang baik, dimana guru PAUD ini belum melaksanakan perancangan dan pelaksanaan pembelajaran secara maksimal, evaluasi hasil belajar, kurang memahami peserta didik, serta kurang memanfaatkan hasil belajar. Dalam merampungkan tulisan ini, metode penelitian yang digunakanadalah metode penelitian kualitatif yang data-datanya diperoleh melalui studi pustaka daan penelitian lapangan melalui kegiatan observasi dan wawancara. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah tiga (3) orang. Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa kompetensi pedagogik guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah kemampuan guru dalam mengajar, dan dalam hal ini guru dituntut untuk memiliki keterampilan dalam mengajar. Oleh karena itu besar harapan penulis agar guru-guru dapat mendidik dan membina anak-anak PAUD di Lembang Marante dengan sebaik-baiknya agar anak dapat menjadi kebanggaan keluarga dan masyarakat sekitarnya, serta menjadi kebanggaan tersendiri bagi sekolah PAUD di Lembang Marante Kecamatan Sopai.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 28 Jan 2025 18:24
Last Modified: 28 Jan 2025 18:24
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4194

Actions (login required)

View Item View Item