Suatu Kajian tentang Manfaat Disiplin Waktu terhadap Perkembangan Moralitas Peserta Didik di SMA Negeri 1 Mengkendek, Tana Toraja

Maryam, Maryam (2015) Suatu Kajian tentang Manfaat Disiplin Waktu terhadap Perkembangan Moralitas Peserta Didik di SMA Negeri 1 Mengkendek, Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

[img] Text
maryam_hd.pdf

Download (402kB)
[img] Text
maryam_kp.pdf

Download (301kB)
[img] Text
maryam_bab_1.pdf

Download (412kB)
[img] Text
maryam_bab_2.pdf

Download (661kB)
[img] Text
maryam_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
maryam_bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text
maryam_bab_5.pdf

Download (268kB)
[img] Text
maryam_dp.pdf

Download (309kB)
[img] Text
maryam_cv.pdf

Download (272kB)

Abstract

Maryam ( 20113217), 2015. Menulis skripsi dengan judul “Suatu Kajian Tentang Manfaat Disiplin Waktu Terhadap Perkembangan Moralitas Peserta Didik di SMA Negeri 1 Mengkendek, Tana Toraja”. Penulisan skripsi ini dibimbing Mery Toban, S.Th., M.Pd.K dan Roby Marrung, S.Th. Kurangnya pemahaman tentang manfaat disiplin waktu terhadap perkembangan moral peserta didik dapat menimbulkan tindakan atau pengambilan keputusan yang salah, sebab peserta didik tidak dapat mematuhi aturan/tata tertib yang berlaku di sekolah. Kenyataan yang terjadi di SMA Negeri 1 Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja yaitu, disiplin waktu belum dilaksanakan secara maksimal oleh peserta didik dan guru. Masih banyak peserta didik dan guru yang sering datang terlambat atau tidak mematuhi aturan yang berlaku. Pada hal Kepala Sekolah selalu menekankan agar peserta didik dan guru datang di sekolah sebelum jam 07.20 dan pulangjam 13.50. Penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan studi kepustakaan yakni meneliti sumber-sumber yang dianggap relevan dan berkaitan dengan topik tersebut dan juga melalui penelitian dilapangan, observasi (pengamatan) dan wawancara. Kesimpulan akhir dari tulisan ini, penulis menyimpulkan bahwa manfaat disiplin waktu terhadap perkembangan moral peserta didik yaitu untuk mengajarkan berbagai hal, baik dalam hal menambah tingkahlaku yang baru maupun mengekang atau membuang tingkahlaku lama yang tidak pantas Di lain pihak, peserta didik merasa diri aman bila hidup teratur, hidup tertib sesuai dengan peraturan, tata cara dan dapat berubah dari hari ke hari. Berani untuk berubah adalah kunci kesuksesan. Kesuksesan yang sesungguhnya adalah kemampuan untuk merubah diri sendiri. Tanpa disiplin, maka peserta didik tidak dapat bertanggung jawab dan tidak terkendalikan. Keputusan yang diperhadapkan yaitu apa yang harus dilakukan dan apa yang dilarang dan tidak boleh dilakukan. Hasil penelitian membuktikan bahwa manfaat disiplin waktu membawa pengaruh yang positif dan luar biasa bagi peserta didik yang mau taat pada tata tertib dan peraturan yang berlaku di SMA Negeri 1 Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja. Demikian sebaliknya bagi peserta didik yang tidak mau mematuhi tata tertib dan aturan yang berlaku mengalami kegagalan, ketinggalan dan tidak bisa berhasil dengan baik.

Item Type: Thesis (Scholar)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: am andarias manting
Date Deposited: 26 Jan 2025 10:29
Last Modified: 26 Jan 2025 10:29
URI: http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4181

Actions (login required)

View Item View Item