Madi, Yusna Lute (2010) Motivasi Belajar: suatu Tinjaun Teologis-Praktis tentang Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Murid Kelas IV Tahun Ajaran 2009/2010 SD Negeri 279 Taba Kecamatan Walenrang Timur, Kabupaten Luwu. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
![]() |
Text
yusna_hd.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
yusna_kp.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text
yusna_bab_1.pdf Download (469kB) |
![]() |
Text
yusna_bab_2.pdf Download (911kB) |
![]() |
Text
yusna_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) | Request a copy |
![]() |
Text
yusna_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (818kB) | Request a copy |
![]() |
Text
yusna_bab_5.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
yusna_dp.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
yusna_cv.pdf Download (191kB) |
Abstract
Yusna Lule Madi, 2010, “Motivasi Belajar” dengan Sub Judul Suatu Tinjauan Teologis praktis tentang Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Murid Kelas IV Tahun Ajaran 2009/2010 SD Negeri 279 Taba, Kecamatan Walenrang Timur, Kabupaten Luwu. Pendidikan agama Kristen adalah pendidikan yang berdasarkan iman Kristen (Alkitab) untuk mengasihi Allah dan sesama manusia beserta alam dan segala isinya. Pendidikan agama Kristen dilihat dalam empat modus yaitu: Tuhan, alam semesta, manusia, dan norma-norma Kristen. Tujuan PAK yakni mengajak, membantu, menghantar seseorang untuk mengenal kasih Allah yang nyata dalam Yesus Kristus sehingga dengan pimpinan Roh Kudus datang ke dalam suatu persekutuan hidup dengan Tuhan. Motivasi belajar adalah dorongan atau keinginan siswa untuk belajar guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam rencana program pembelajaran. Pada hakikatnya murid terkadang ada sudah memiliki, tetapi ada juga yang tidak memiliki motivasi belajar. Jika murid tidak memiliki motivasi belajar maka yang dilakukan adalah mendorong atau memotivasi murid agar dan yang telah memiliki guru hanya mengelola motivasi belajar agar mencapai prestasi belajar sesuai dengan yang diharapkan. Hasil belajar merupakan pernyataan minimal tentang suatu kemampuan yang dijabarkan menjadi satu atau lebih hasil belajar yang disertai indikator Berdasarkan penelitian di Kelas IV Tahun Ajaran 2009/2010 SD Negeri 279 Taba, Kecamatan Walenrang Timur, Kabupaten Luwu dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran, ketersediaan sumber-sumber pembelajaran, dan keberadaan guru Pendidikan Agama Kristen di sekolah memiliki kaitan erat atau signifikan dengan motivasi belajar. Dan motivasi belajar murid memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Kristen. Semakin tinggi motivasi belajar murid maka semakin tinggi pula prestasi belajar murid. Jadi kata kuncinya: motivasi belajar murid harus diupayakan guru Pendidikan Agama Kristen di sekolah.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 26 Jan 2025 10:14 |
Last Modified: | 26 Jan 2025 10:14 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4179 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |