Nelce, Nelce (2012) Mengajar sebagai Pelayanan: Studi Korelasi Antara Motivasi Mengajar Bedasarkan Nilai-nilai Kristiani yang Terdapat dalam Filipi 2:1-11 dengan Kinerja Guru-guru Kristen SMA Negeri 3 Makale Tana Toraja. Scholar thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.
![]() |
Text
nelce_hd.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
nelce_kp.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
nelce_bab_1.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
nelce_bab_2.pdf Download (809kB) |
![]() |
Text
nelce_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
![]() |
Text
nelce_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) | Request a copy |
![]() |
Text
nelce_bab_5.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
nelce_dp.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
nelce_lp.pdf Download (892kB) |
![]() |
Text
nelce_cv.pdf Download (83kB) |
Abstract
Nelce, judul : “Studi Korelasi antara Motivasi Mengajar Berdasarkan Nilai-nilai Kristiani yang terdapat dalam Filipi 2:1-11 dengan Kinerja Guru-guru Kristen SMA Negeri 3 Makale Tana Toraja. Dibimbing oleh pdt. Semuel Tokam, M. Th dan Polikarpus Ka’pan, M. Th. Guru sebagai pendidik seharusnya dapat menghasilkan kineija yang baik dalam hal mengajar, diharapkan memiliki kemampuan yang dapat bermanfaat kepada peserta didik, namun untuk dapat menghasilkan kineija yang baik itu guru harus memiliki motivasi yang benar khususnya bagi guru-guru Kristen, karena dengan motivasi itulah guru mampu menjalankan tugasnya dengan baik sekalipun ada tantangan dalam dunia pendidikan. Adanya hubungan antara motivasi mengajar dengan kinerja guru-guru Kristen dan indikator yang dominan membentuk kineija guru-guru Kristen. Fokus penelitian ini diadakan di SMA Negeri 3 Makale Tana Toraja dengan populasi seluruh guru yang beragama Kristen yang berjumlah 45 orang. Dari jumlah populasi tersebut, ditetapkan sampel sebanyak 38 orang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan studi pustaka dan penelitian lapangan melalui angket. Dengan menggunakan metode penelitian tersebut, penulis menemukan bahwa motivasi mengajar berdasarkan nilai-nilai kristiani yang terdapat dalam Filipi 2:1-11 berhubungan positif dengan kinerja guru-guru Kristen. Itu bararti bahwa motivasi menjadi penentu bagi sebuah kinerja seorang guru, dalam hal ini adalah guru Kristen. Kemudian, indikator dari motivasi yang dominan turut membentuk kinerja yang baik itu adalah mengajar dengan memuliakan Tuhan dan mengajar dengan penuh kerendahan hati. Bertitik tolak dari alasan di atas, nampak bahwa ada hubungan antara motivasi mengajar berdasarkan nilai-nilai kristiani yang terdapat dalam Filipi 2:1-11 dengan kineija guru-guru Kristen di SMA Negeri 3 Makale Tana Toraja. Untuk itu, bagi seorang guru Kristen seharusnya memliki motivasi mengajar yang baik yakni benar-benar memliki pemahaman tentang penggilannya yaitu mengajar dengan tujuan untuk memuliakan Tuhan dan mengajar dengan ketaatan dan kerelaan untuk merendahkan dirinya,yaitu mengajar dengan penuh kerendahan hati.
Item Type: | Thesis (Scholar) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | am andarias manting |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 14:35 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 14:35 |
URI: | http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/4145 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |